Loading...
BUDAYA
Penulis: Equivalent Pangasi 11:49 WIB | Minggu, 09 Maret 2014

Patung Putri Firaun, Putri Iset, Ditemukan di Mesir

Patung Putri Iset, anak perempuan Raja Amenhotep |||, ditemukan oleh tim arkeolog asal Mesir dan Eropa. (Foto: Reuters)

KAIRO, SATUHARAPAN.COM – Sebuah patung anak perempuan Raja Amenhotep III, kakek dari Tutankhamen dan penguasa Mesir sekitar 3.350 tahun lalu, ditemukan dan digali oleh tim arkeolog asal Mesir dan Eropa.

Patung Putri Iset ditemukan di kuil milik ayahnya yang merupakan firaun, di sebelah barat tepi sungai Nil, sebelah selatan kota Luxor, ujar Kementerian Kepurbakalaan Mesir pada Jumat (7/3).

Penemuan terbaru ini merupakan representasi pertama Iset bersama dengan ayahnya, kata kementerian itu. Patung yang menggambarkan Iset dan saudara-saudaranya bersama dengan ayah mereka yang merupakan dinasti penguasa abad ke-18 itu kini dipamerkan di Musium Mesir.

Patung itu memiliki tinggi 1,7 meter dan merupakan bagian dari patung pualam Amenhotep III yang berukuran 14 meter. Patung Amenhotep III sendiri ditemukan beberapa tahun sebelumnya, ujar kementerian melalui sebuah pernyataan yang disiarkan kantor berita resmi MENA.

Patung Iset ditemukan di antara kaki raja yang duduk. Nama Iset sendiri dan gelar kerajaannya terpahat di dekat kakinya. Sayangnya, wajah patung tersebut telah rusak akibat erosi.

Amenhotep III memimpin pada zaman yang dikenal sebagai masa renaissance (kebangkitan) dalam hal kesenian Mesir. Ia kemudian digantikan oleh putranya, Akhenaten, firaun pemuja matahari yang diyakini sebagai agama monoteisme pertama di dunia.

Selain itu, beberapa monumen terbesar Mesir dibangun pada masa pemerintahan Amenhotep III. (alarabiya.net)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home