Loading...
DUNIA
Penulis: Eben E. Siadari 09:31 WIB | Senin, 23 Januari 2017

Presiden Trump Puji Surat Obama untuk Dirinya

Presiden AS, Donald J. Trump menghadiri pelantikan sejumlah staf senior di Gedung Putih pada hari Minggu (22/01)/2017) (Foto: Andrew Harnik/AP)

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM - Presiden baru AS, Donald J. Trump, secara resmi mengumumkan bahwa ia telah menerima surat dari presiden yang digantikannya sebagaimana tradisi di AS. Surat itu, sebagaimana lazimnya, ditinggalkan di meja kerja sang presiden.

"Saya baru saja ke Ruang Oval dan menemukan surat yang indah ini dari Presiden Obama," kata Trump pada hari Minggu (22/01), dalam pidato di depan pejabat-pejabat senior yang akan dilantik.

"Adalah sangat indah ia mau melakukan itu dan kami menghargai itu. Kami akan menjaganya dan kami bahkan tidak akan memberitahu pers apa yang ada di surat itu," kata dia.

Dalam surat Presiden George W. Bush yang ia tinggalkan untuk Obama, Bush mengatakan bahwa akan ada "momen-momen pencobaan" selama kepresidenannya dan memperingatkan Obama bahwa "kritik akan menyerbu" dan mengatakan Anda " teman-teman Anda akan mengecewakan Anda."

"Tapi, Anda akan memiliki Tuhan untuk menghibur Anda, keluarga yang mencintai Anda, dan negara yang mendukung Anda, termasuk saya," tulis Bush.

"Tidak peduli apa yang akan datang, Anda akan terinspirasi oleh karakter dan kasih sayang dari orang-orang sekarang Anda pimpin."
 
Sementara itu, dalam suratnya kepada Bush pada tahun 2001, Presiden Bill Clinton memberi hormat kepada presiden yang baru dan berharap dia "sukses dan berlimpah kebahagiaan."

"Beban yang ada di bahu Anda sekarang memang besar tetapi sering dibesar-besarkan. Sukacita semata-mata melakukan apa yang Anda yakini benar adalah yang tak terkatakan," tulis Clinton.

"Doa-doa kami bersama Anda dan keluarga Anda. Semoga berhasil."


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home