Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 18:49 WIB | Minggu, 01 Oktober 2023

Paus Lantik 21 Kardinal Baru Yang Akan Membantunya Mereformasi Gereja

Para kardinal menghadiri konsistori untuk melantik 21 kardinal baru di Lapangan Santo Petrus di Vatikan pada hari Sabtu, 30 September 2023. (Foto: AFP)

VATIKAN, SATUHARAPAN.COM-Paus Fransiskus memimpin upacara pada hari Sabtu (30/9) untuk melantik 21 kardinal baru, termasuk tokoh-tokoh penting di Vatikan dan di bidangnya yang akan membantu melaksanakan reformasi dan memperkuat warisannya saat ia memasuki fase baru yang penting dalam menjalankan Gereja Katolik.

Pada hari yang cerah dan dipenuhi sorak-sorai dari Lapangan Santo Petrus, Paus Fransiskus semakin memperluas pengaruhnya terhadap Dewan Kardinal yang suatu hari nanti akan memilih penggantinya: hampir tiga perempat dari “pangeran gereja” yang berada pada usia pemilih berhutang budi pada mereka untuk Paus dari Jesuit Argentina.

Dalam instruksinya kepada para kardinal baru di awal kebaktian, Paus Fransiskus mengatakan keragaman geografis mereka akan bermanfaat bagi gereja seperti musisi dalam orkestra, di mana terkadang mereka bermain solo, terkadang sebagai ansambel.

“Keberagaman itu penting; itu sangat diperlukan. Namun, setiap suara harus berkontribusi pada desain umum,” kata Paus Fransiskus. “Inilah mengapa saling mendengarkan sangat penting: setiap musisi harus mendengarkan satu sama lain.”

Di antara para kardinal baru tersebut adalah kepala kantor doktrin Vatikan yang kontroversial, Victor Manuel Fernandez, dan misionaris kelahiran Chicago yang sekarang bertanggung jawab untuk memeriksa calon uskup di seluruh dunia, Robert Prevost.

Turut menerima rombongan eksklusif tersebut adalah para duta besar Vatikan untuk Amerika Serikat dan Italia, dua pos diplomatik penting di mana Takhta Suci mempunyai minat besar dalam mereformasi hierarki gereja. Para pemimpin gereja di wilayah geopolitik seperti Hong Kong dan Yerusalem, komunitas rentan seperti Juba, Sudan Selatan, dan favorit sentimental seperti Cordoba, Argentina, mengisi daftar tersebut.

Upacara tersebut berlangsung beberapa hari sebelum Paus Fransiskus membuka pertemuan besar para uskup dan umat awam Katolik untuk membahas masa depan gereja, di mana isu-isu penting seperti peran perempuan dalam gereja, LGBT+ umat Katolik LGBTQ, dan selibat imam menjadi bahan diskusi.

Sinode yang akan diadakan pada tanggal 4-29 Oktober ini adalah sesi pertama dari dua sesi, yang kedua akan diadakan tahun depan, yang dalam banyak hal dapat memperkuat warisan Paus Fransiskus dalam upayanya menjadikan gereja sebagai tempat di mana semua orang disambut, di mana para pastor mendengarkan pendapat mereka, berkumpul dan menemani mereka, bukan menghakimi mereka.

Dalam komentarnya kepada para kardinal baru, Paus Fransiskus merujuk pada sinode dan tugas yang menunggu gereja. Berbicara tentang dirinya sendiri, Paus Fransiskus berkata bahwa konduktor orkestra “harus mendengarkan lebih dari siapa pun.”

Pada saat yang sama, tambahnya, konduktor harus “membantu setiap orang dan seluruh orkestra mengembangkan kesetiaan kreatif terbesar: kesetiaan pada karya yang dilakukan, tetapi juga kreatif, mampu memberikan jiwa pada musik, membuatnya beresonansi dalam music, di sini dan saat ini dengan cara yang unik.”

Beberapa kardinal baru merupakan anggota yang mempunyai hak suara dalam sinode dan telah menjelaskan bahwa mereka memiliki visi yang sama dengan Paus Fransiskus mengenai sebuah gereja yang lebih mengutamakan orang-orang di bangku gereja daripada hierarki, dan bahwa perubahan kreatif diperlukan. Di antara mereka adalah Fernandez, yang dikenal sebagai “teolog Paus” dan mungkin penunjukan Paus Fransiskus di Vatikan yang paling berpengaruh dalam 10 tahun masa kepausannya.

Dalam suratnya yang menyebut Fernandez sebagai prefek Dikasteri Ajaran Iman, Paus Fransiskus menjelaskan bahwa ia ingin rekannya dari Argentina itu mengawasi perubahan radikal dari masa lalu, dengan mengatakan bahwa Kantor Suci sebelumnya sering menggunakan “metode tidak bermoral” untuk menegakkan kehendaknya.

Daripada mengutuk dan menghakimi, Paus Fransiskus mengatakan dia menginginkan kantor doktrin yang menjaga iman dan memberikan harapan. Dia juga menjelaskan bahwa Fernandez tidak perlu berurusan dengan kasus pelecehan seksual, dan mengatakan bahwa bagian disiplin di kantor tersebut dapat menangani berkas tersebut.

Ini adalah keputusan yang banyak diperdebatkan mengingat Fernandez sendiri telah mengakui bahwa dia melakukan kesalahan dalam menangani sebuah kasus ketika dia menjadi uskup di La Plata, Argentina, dan bahwa skala masalah secara global telah lama menuntut kepemimpinan yang berwibawa.

Pada upacara hari Sabtu, Paus Fransiskus akan menunjuk 99 dari 137 kardinal yang berusia di bawah 80 tahun dan dengan demikian berhak memberikan suara dalam konklaf mendatang untuk memilih penggantinya.

Meskipun tidak semuanya adalah anak didik Paus yang berusia 86 tahun, banyak yang memiliki penekanan pastoral yang sama dengan Paus Fransiskus dibandingkan dengan para kardinal yang berpikiran doktriner yang sering dipilih oleh Paus Yohanes Paulus II dan Benediktus XVI.

Sejumlah besar kardinal yang dicalonkan Paus Fransiskus hampir menjamin bahwa calon paus di masa depan akan berasal dari calon kardinalnya atau akan mendapatkan suara mereka untuk memimpin gereja setelah Paus Fransiskus meninggal.

Eropa masih memiliki kardinal usia pemilih terbanyak dengan 52 orang, disusul Amerika 39 orang, dan Asia dengan 24.

Upacara resmi pelantikan mereka diikuti dengan ritual di mana setiap orang bersumpah untuk menaati Paus, tetap setia kepada Kristus dan melayani gereja. Paus Fransiskus mengingatkan mereka bahwa mereka mengenakan pakaian berwarna merah sebagai tanda bahwa mereka harus kuat “bahkan sampai menumpahkan darah” untuk menyebarkan iman. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home