Loading...
FOTO
Penulis: Dedy Istanto 12:22 WIB | Jumat, 30 Oktober 2015

PBB Umumkan 18 Negara Anggota Baru Dewan Keamanan HAM

PBB Umumkan 18 Negara Anggota Baru Dewan Keamanan HAM
Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) telah mengumumkan 18 negara anggota baru Dewan Keamanan Hak Asasi Manusia (HAM) (Human Rights Council) periode tiga tahun yang akan dimulai pada tanggal 1 Januari 2016 mendatang dalam hasil pemilihan yang digelar di New York, Rabu (28/10). Dari 18 anggota baru, akan membahas kembali yang akan digelar pada hari ini Jumat (30/10) dalam rangka membahas pertanyaan terkait dengan Dewan Keamanan. (Foto: UN Photo/Cia Pak)
PBB Umumkan 18 Negara Anggota Baru Dewan Keamanan HAM
Suasana Sidang Majelis Umum PBB dengan agenda pemilihan anggota baru Dewan Keamanan HAM PBB yang akan melaksanakan tugas selama tiga tahun dimulai pada tanggal 1 Januari 2016 mendatang. (Foto: UN Photo/Cia Pak)
PBB Umumkan 18 Negara Anggota Baru Dewan Keamanan HAM
Michele J Sison (kiri) anggota perwakilan dari Amerika Serikat saat memberikan hak suara dalam pemilihan anggota baru Dewan Keamanan HAM PBB yang digelar di Sekretariat PBB, New York, (28/10) kemarin dan menghasilkan 18 negara anggota terpilih (Foto: UN Photo/Cia Pak)
PBB Umumkan 18 Negara Anggota Baru Dewan Keamanan HAM
Seorang anggota perwakilan saat memberikan kertas suara kepada panitia pemilihan negara anggota baru Dewan Keamanan HAM yang digelar pada Rabu (28/10) kemarin di kantor Sekretariat PBB, New York, Amerika Serikat. (Foto: UN Photo/Cia Pak)
PBB Umumkan 18 Negara Anggota Baru Dewan Keamanan HAM
Delegasi dari Venezuela saat berpose berfoto bersama dengan anggota delegasi lainnya usai menggelar pemilihan negara anggota baru Dewan Keamanan HAM PBB yang digelar di New York, Amerika Serikat, Rabu (28/10) (Foto: UN Photo/Cia Pak)

NEW YORK, SATUHARAPAN.COM – Delapan belas negara anggota baru Dewan Hak Asasi Manusia (Human Rights Council) terpilih dalam sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa Bangsa (PPB) di New York, hari Rabu (28/10).

Mereka adalah Belgia, Burundi, Pantai Gading, Ekuador, Etopia, Georgia, Jerman, Kenya, Kirgistan, Mongolia, Panama, Filipina, Republik Korea, Slovenia, Togo, Uni Emirat Arab, Swiss, dan Venezuela yang akan menjalankan tugas selama tiga tahun mulai tanggal 1 Januari 2016 mendatang.

Hadir dalam pemilihan tersebut Deputi Wakil Tetap dari Amerika Serikat untuk PBB, Michele J Sison, serta para delegasi dari sejumlah negara anggota untuk memberikan hak suara. Dewan HAM PBB bertanggung jawab untuk promosi dan perlindungan HAM di seluruh dunia.

Anggota Dewan Keamanan PBB berjumlah, 47 negara. Mereka terpilih atas dasar pembagian geografis yang adil. Selain dari 18 anggota baru terpilih, anggota lainnya adalah  AS, Albania, Aljazair, Bangladesh, Latvia, Bolivia, Bostwana, Tiongkok, Kongo, Kuba, Elsavador, Prancis, Ghana, India, Indonesia, Qatar, Rusia, Arab Saudi, Afrika Selatan, Makedonia, Inggris, Vietnam, Meksiko, Maladewa, Namibia, Belanda, Nigeria, Paraguay, Portugal, dan Yugoslavia.

Majelis Umum PBB akan mengadakan pertemuan kembali yang digelar hari ini Jumat (30/10) pukul 10.30 waktu setempat untuk membahas pertanyaan dari perwakilan setiap negara dalam keanggotaan Dewan Keamanan dan hal yang terkait dengan Dewan Keamanan. (un.org)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home