Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 10:33 WIB | Sabtu, 05 Juli 2014

Pelatih Jerman: Mereka Jalankan Instruksi dengan Baik

Pelatih Jerman: Mereka Jalankan Instruksi dengan Baik
Pendukung Jerman bersuka cita di tribun penonton. (Foto-foto: fifa.com).
Pelatih Jerman: Mereka Jalankan Instruksi dengan Baik
Gelandang Prancis, Mattieu Debuchy (kiri) mengawal ketat Mesut Ozil (kanan), pada perempat final PIala Dunia 2014.

RIO DE JANEIRO, SATUHARAPAN.COM – Joachim Low, arsitek kesebelasan Jerman berkomentar tentang kemenangan anak buahnya atas Negeri Menara Eiffel pada perempat final Piala Dunia 2014 dengan skor 1-0, pada Jumat (4/7) malam WIB di Stadion Maracana, Rio De Janeiro.  

“Saya pikir kedua tim bertahan dengan baik. Tidak banyak peluang untuk mencetak gol. Kami tak membiarkan Prancis memiliki peluang. Hal itu berjalan sesuai dengan rencana,” kata Low.

Kemenangan atas Prancis mengantar Jerman lolos ke semifinal. Ini adalah semi final ke-13 untuk tim Panzer sepanjang keikutsertaannya di Piala Dunia, dan yang keempat secara beruntun sejak tahun Piala Dunia 2006.

Low mengakui bersyukur karena memiliki penjaga gawang setangguh Manuel Neuer, karena berdasar statistik, Prancis membuat 13 percobaan mencetak gol dan sembilan di antaranya mengarah ke gawang, dan penampilan penjaga gawang Bayern Munchen itu diacungi jempol oleh Low. Namun, tak satu pun usaha anak asuh Didier Deschamps membuahkan hasil. Sementara itu, Jerman cuma melepaskan delapan tembakan dan enam di antaranya tepat sasaran.

Beberapa penyelamatan yang dilakukan mantan kiper Bayer Leverkusen tersebut antara lain terjadi pada menit ke-33 akan tetapi kesempatan yang hadir lewat tendangan Mathieu Valbuena masih dapat ditepis Neuer, namun bola tidak dapat berhasil dia pegang Neuer dan mampir ke kaki Benzema. Neuer yang sudah mati langkah masih terselamatkan, karena bola tendangan penyerang Real Madrid ini pun gagal karena membentur punggung Matt Hummels.

Benzema kembali mendapat peluang untuk menyemakan kedudukan menit ke-42. Namun tendangan kaki kanan pemain 26 tahun itu mengarah tepat ke pelukan Neuer.

Pada sisi penyerangan, Low mengakui tim Panzer menemui kesulitan untuk membongkar pertahanan lawan. Karena Negeri Menara Eiffel mampu menerapkan pola bertahan yang bagus. Untungnya, Jerman bisa memanfaatkan tendangan bebas untuk mencetak gol dari Matt Hummels.

“Kami tak membiarkan lawan berkembang. Saya pikir itu kuncinya. Prancis melakukan segalanya untuk menyamakan kedudukan. Namun, Hummels, Boateng dan Neuer tampil luar biasa,” tegas Low. 

SUSUNAN PEMAIN:

Prancis: Hugo Lloris,  Mamadou Sakho, Mathieu Debuchy, Patrice Evra, Raphael Varane, Yohan Cabaye,  Blaise Matuidi, Paul Pogba, Antoine Griezmann, Karim Benzema, Mathieu Valbuena.

Jerman: Manuel Neuer, Philipp Lahm, Mats Hummels, Jerome Boateng, Benedikt Hoewedes, Toni Kroos, Bastian Schweinsteiger, Sami Khedira, Thomas Mueller, Mesut Oezil, Miroslav Klose. (fifa.com/beinsport.com/espnfc.com).

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home