Loading...
FOTO
Penulis: Dedy Istanto 14:16 WIB | Selasa, 12 April 2016

Pelayanan Penerbangan Buruk, Penyandang Disabilitas Melapor ke Ombudsman

Pelayanan Penerbangan Buruk, Penyandang Disabilitas Melapor ke Ombudsman
Kelompok penyandang disabilitas dari berbagai organisasi mendatangi gedung Ombudsman Republik Indonesia Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Selasa (12/4) dalam rangka melaporkan sejumlah permasalahan pelayanan publik pada jasa penerbangan disejumlah maskapai yang dinilai masih minim. Para penyandang disabilitas termasuk Dwi Ariyani yang diturunkan oleh maskapai Etihad Airways dari Uni Emirat Arab diterima langsung oleh komisioner Ombudsman Alvin Lie. (Foto-foto: Dedy Istanto).
Pelayanan Penerbangan Buruk, Penyandang Disabilitas Melapor ke Ombudsman
Dwi Ariyani salah satu penyandang disabilitas yang diturunkan oleh maskapai penerbangan Etihad Airways beberapa waktu lalu yang dinilai diskriminatif meski pihak maskapai sudah meminta maaf.
Pelayanan Penerbangan Buruk, Penyandang Disabilitas Melapor ke Ombudsman
Komisioner Ombudsman Republik Indonesia Alvin Lie saat mendengarkan sejumlah laporan dari para penyandang disabilitas yang memiliki pengalaman tidak mengenakan dalam pelayanan publik pada jasa penerbangan disejumlah maskapai di Indonesia yang dinilai masih diskriminatif.
Pelayanan Penerbangan Buruk, Penyandang Disabilitas Melapor ke Ombudsman
Aktivis penyandang disabilitas Yeni Rosa (tengah) ikut hadir mendampingi para penyandang disablitas dari berbagai organisasi yang mendatangi gedung Ombudsman Republik Indonesia untuk melaporkan minimnya pelayanan bagi penyandang disablitas disejumlah maskapai penerbangan di Indoenesia.
Pelayanan Penerbangan Buruk, Penyandang Disabilitas Melapor ke Ombudsman
Komisioner Ombudsman Republik Indonesia Alvin Lie (tengah) bersama dengan para penyandang disabilitas dari berbagai organisasi dan aktivis saat berfoto bersama usai menggelar pertemuan untuk melaporkan terkait minimnya pelayanan publik bagi penyandang disabilitas di jasa penerbangan maskapai.

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Kelompok penyandang disabilitas dari berbagai organisasi mendatangi gedung Ombudsman Republik Indonesia Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, hari Selasa (12/4) untuk melaporkan minimnya pelayanan publik pada jasa penerbangan.

Para penyandang disabilitas yang terdiri dari Dwi Ariyani salah satu korban penyandang disabilitas yang diturunkan oleh maskapai penerbangan Etihad Airways dari Uni Emirat Arab tersebut diterima langsung oleh Komisioner Ombudsman Republik Indonesia Alvin Lie.

Dalam kesempatannya Alvin Lie didampingi oleh stafnya mendengarkan secara langsung laporan dari para penyandang disabilitas terkait dengan pelayanan publik pada jasa penerbangan disejumlah maskapai nasional.

 “Kami tidak ingin disamakan, tetapi kami minta untuk disetarakan,” ujar Rina Prasarani dari Persatuan Tunanetra Indonesia (Pertuni) salah satu penyandang disabilitas yang memiliki pengalaman perlakuan diskriminatif disalah satu maskapai penerbangan di Indonesia.

Melihat kondisi tersebut, kelompok disabilitas dari berbagai organisasi menuntut kepada Ombudsman untuk meminta kepada Kementerian Perhubungan untuk segera memperbaiki kondisi penerbangan nasional yang masih diskriminatif terhadap penyandang disabilitas. Kemudian pelayanan transportasi yang aksesisbel bagi penyandang disabilitas harus segera diwujudkan sesuai dengan Undang Undang (UU).

Selain itu memperbaiki seluruh bentuk pelayanan publik di seluruh bandara di Indonesia agar memenuhi akses bagi seluruh penyandang disabilitas dan terakhir memberi teguran tertulis dan sanksi terhadap maskapai Etihad Airways atas tindakan diskriminasi yang dilakukan oleh kru penerbangannya terhadap Dwi Ariyani.

Dalam kesempatan itu Alvin Lie mencatat seluruh laporan dan berjanji untuk menindaklanjuti dengan memanggil pihak terkait dalam hal ini Menteri Perhubungan mewakili pemerintah, serta perwakilan dari Angkasa Pura, serta maskapai penerbangan untuk duduk bersama membicarakan permasalah pelayanan publik yang dinilai masih minim bagi penyandang disabilitas.

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home