Loading...
INDONESIA
Penulis: Endang Saputra 13:24 WIB | Selasa, 29 September 2015

Peluk Suparno, Menag: Mudah-Mudahan Mendapat yang Terbaik

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin (tengah). (Foto: Dok.satuharapan.com)

MUASHIM, SATUHARAPAN.COM – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyempatkan diri melihat langsung proses identifikasi foto jenazah korban peristiwa Mina di Majma’ ath-Thaqary bil Mu’aishim, Minggu (27/9) malam.

Ikut bersama Menag, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Abdul Djamil, Irjen Kemenag M Jasin, serta jajaran Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi.

Suparno Mangunprawiro (59), jemaah asal Pontianak yang tergabung dalam kloter 14 Embarkasi Batam (BTH 14) diajak ikut oleh M Jasin dalam rombongan Menteri Agama. Tujuan Suparno jelas, ingin mencari foto istrinya yang sudah tidak ditemuinya sejak peristiwa Mina. Suparno datang ke Mu’aishim dengan gelayut tanya, apakah istrinya masih hidup atau tidak?

Menag bersama rombongan tiba di Muashim sekitar pukul 22.00 waktu Arab Saudi. Saat itu, Menag didampingi Abdul Djamil langsung menuju ruang display foto korban untuk sama-sama melihat foto-foto jenazah korban peristiwa Mina. Sekilas mengamati, Menag lalu meminta kepada tim PPIH untuk cermat dan teliti dalam mengidentifikasi sehingga tidak ada satu foto pun terlewati.

Selang setengah jam, Menag keluar untuk menuju ruang display foto berikutnya. Baru saja keluar ruangan, langkah Menag terhenti oleh panggilan Khoirul Huda Basyir, sekretarisnya, yang memberitahu kalau ada jemaah yang menemukan foto istrinya. Menag pun bergegas masuk dan mendapati Suparno sedang mencermati sebuah foto korban dengan tanda khusus pada kerudung yang dikenakannya.

“Ini istri saya Pak. Saya yakin dari kerudung yang dipakainya,” kata Suparno mendapati Menteri Agama mendekatinya.

“Bapak yakin kalau itu foto istri Bapak?” tanya Menag, dan Suparno menjawab dengan yakin melihat kerudung yang dikenakan istrinya.

Tim Media Center Haji (MCH) yang ikut ke Muashim, foto itu berupa wajah perempuan yang mengenakan kerudung dengan motif khusus. Motif itulah yang sepertinya sangat dikenali oleh Suparno dan karenanya dia yakin kalau itu adalah foto istrinya.

Kepada petugas identifikasi jenazah, Menag meminta agar mencatat nomor jenazah yang tertera difoto untuk melakukan langkah identifikasi lanjutan guna memastikan bahwa itu adalah jenazah Dahlia Sulaiman Hamdan (46), istri Suparno.

“Mudah-mudahan istri Bapak mendapatkan yang terbaik, semoga khusnul khatimah. Sabar yaa!” kata Menag sembari memeluk Suparno, menepuk-nepuk pundaknya. Suparno pun membalas hangat pelukan Menteri Agama.

Sementara Kadaker Mekkah yang ikut menyaksikan berkata, “Insya Allah kalau memang itu, insya Allah syuhada.”

Setelah melalui proses identifikasi, hari Selasa (29/9) dini hari, Kepala Daker Makkah memastikan dan mengumumkan bahwa  Dahlia Sulaiman Hamdan menjadi salah satu korban peristiwa Mina. (kemenag.go.id)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home