Loading...
BUDAYA
Penulis: Sabar Subekti 13:08 WIB | Jumat, 07 Oktober 2022

Hadiah Nobel Sastra Dimenangkan Oleh Annie Ernaux dari Prancis

Hadiah Nobel Sastra Dimenangkan Oleh Annie Ernaux dari Prancis
Annie Ernaux. (Foto: dok. Ist)
Hadiah Nobel Sastra Dimenangkan Oleh Annie Ernaux dari Prancis
Buku-buku karya penulis Prancis, Annie Ernaux, dipajang menyusul pengumuman Penghargaan Nobel Sastra 2022, di Borshuset, Stockholm, Swedia, Kamis, 6 Oktober 2022. (Foto: Henrik Montgomery/Kantor Berita TT via AP)

STOCKHOLM, SATUHARAPAN.COM-Penulis Prancis, Annie Ernaux, yang menggali biografinya sendiri untuk menjelajahi kehidupan di Prancis sejak 1940-an, dianugerahi Hadiah Nobel Sastra tahun ini pada hari Kamis (6/10) untuk karya yang menerangi sudut-sudut suram ingatan, keluarga, dan masyarakat.

Akademi Swedia mengatakan Ernaux, 82 tahun, diakui karena "keberanian dan ketajaman klinis yang dengannya dia mengungkap akar, keterasingan, dan pengekangan kolektif dari ingatan pribadi." Dia adalah pemenang sastra Prancis pertama sejak Patrick Modiano pada tahun 2014.

Ernaux mulai menulis novel otobiografi, tetapi dengan cepat meninggalkan fiksi demi memoar.

Anders Olsson, ketua komite sastra Nobel, mengatakan Ernaux telah menggunakan istilah "ahli etnologi dirinya sendiri" daripada seorang penulis fiksi.

Lebih dari 20 bukunya, kebanyakan sangat pendek, menceritakan peristiwa-peristiwa dalam hidupnya dan kehidupan orang-orang di sekitarnya. Mereka menyajikan potret tanpa kompromi dari pertemuan seksual, aborsi, penyakit dan kematian orang tuanya.

Olsson mengatakan bahwa karya Ernaux sering kali “tanpa kompromi dan ditulis dalam bahasa sederhana, digosok hingga bersih.”

“Dia telah mencapai sesuatu yang mengagumkan dan bertahan lama,” katanya kepada wartawan setelah pengumuman di Stockholm, Swedia.

Ernaux menggambarkan gayanya sebagai "tulisan datar", bertujuan untuk pandangan yang sangat objektif tentang peristiwa yang dia gambarkan, tidak dibentuk oleh deskripsi yang penuh warna atau emosi yang luar biasa.

Dalam buku yang membuatnya terkenal, “La Place” (Tempat Seorang Pria), tentang hubungannya dengan ayahnya, dia menulis: “Tidak ada kenangan liris, tidak ada pertunjukan ironi yang penuh kemenangan. Gaya penulisan netral ini datang kepada saya secara alami.”

Novelnya tahun 2000 “Happening,” menggambarkan konsekuensi dari aborsi ilegal.

Bukunya yang paling kritis diakui adalah "The Years" (Les annees), diterbitkan pada tahun 2008 dan menggambarkan dirinya dan masyarakat Prancis yang lebih luas dari akhir Perang Dunia II hingga saat ini. Tidak seperti di buku-buku sebelumnya, di "The Years," Ernaux menulis tentang dirinya sebagai orang ketiga, menyebut karakternya "dia" daripada "aku". Buku itu menerima banyak penghargaan dan hadiah.

“A Girl’s Story,” karya dari tahun 2016, mengikuti seorang perempuan muda yang beranjak dewasa di tahun 1950-an.

Ernaux adalah perempuan ke-17 di antara 119 peraih Nobel sastra. Pemenang tahun lalu, penulis kelahiran Tanzania, yang berbasis di Inggris, Abdulrazak Gurnah, hanyalah peraih Nobel sastra keenam yang lahir di Afrika, dan hadiah tersebut telah lama menghadapi kritik karena terlalu fokus pada penulis Eropa dan Amerika Utara, serta terlalu laki-laki. -didominasi.

“Pertama-tama kami mencoba memperluas cakupan Hadiah Nobel, tetapi fokus kami harus pada kualitas sastra,” kata Olsson.

Hadiah untuk Gurnah pada tahun 2021 dan penyair Amerika Serikat, Louise Glück, pada tahun 2020 membantu hadiah sastra beralih dari kontroversi dan skandal selama bertahun-tahun.

Pada tahun 2018, penghargaan itu ditunda setelah tuduhan pelecehan seksual mengguncang Akademi Swedia, yang menunjuk komite sastra Nobel, dan memicu eksodus anggota. Akademi tersebut mengubah dirinya sendiri tetapi menghadapi lebih banyak kritik karena memberikan penghargaan sastra 2019 kepada Peter Handke dari Austria, yang telah disebut sebagai pembela kejahatan perang Serbia.

Sepekan pengumuman Hadiah Nobel dimulai hari Senin dengan ilmuwan Swedia, Svante Paabo, menerima penghargaan dalam kedokteran atas jasanya membuka rahasia DNA Neanderthal yang memberikan wawasan kunci ke dalam sistem kekebalan tubuh kita.

Tiga ilmuwan bersama-sama memenangkan hadiah dalam fisika pada hari Selasa. Alain Aspect dari Prancis, John F. Clauser dari Amerika, dan Anton Zeilinger dari Austria telah menunjukkan bahwa partikel kecil dapat mempertahankan koneksi satu sama lain bahkan ketika dipisahkan, sebuah fenomena yang dikenal sebagai belitan kuantum, yang dapat digunakan untuk komputasi khusus dan untuk mengenkripsi informasi.

Hadiah Nobel dalam bidang kimia diumumkan hari Rabu kepada orang Amerika, Carolyn R. Bertozzi dan K. Barry Sharpless, dan ilmuwan Denmark, Morten Meldal, karena mengembangkan cara "menggabungkan molekul" yang dapat digunakan untuk mengeksplorasi sel, memetakan DNA, dan merancang obat yang dapat menargetkan penyakit seperti kanker dengan lebih tepat.

Hadiah Nobel Perdamaian 2022 akan diumumkan pada hari Jumat dan penghargaan ekonomi pada hari Senin.

Hadiahnya berupa uang tunai sebesar 10 juta kronor Swedia (setara US$ 900.000) dan akan dibagikan pada 10 Desember. Uang tersebut berasal dari warisan yang ditinggalkan oleh pencipta hadiah, penemu Swedia Alfred Nobel, pada tahun 1895. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home