Loading...
DUNIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 16:21 WIB | Selasa, 10 Desember 2013

Pemerintah Afsel Lakukan Penghormatan dan Pemakaman Mandela Secara Total

Rakyat Afrika Selatan berkumpul di depan rumah Mandela untuk mengucapkan belasungkawa. (foto:bbc.co.uk)

JOHANNESBURG, SATUHARAPAN.COM – Pemerintah Afrika Selatan akan memberikan penghormatan secara penuh bagi tokoh besar negara itu yang juga diakui di dunia, mula hari Selasa (10/12) ini hingga pemakamannya pada hari Minggu (15/12) di desa Qunu, tempat masa kecil mandela.

Namun sebelum itu, Hari Minggu (8/12) dilakukan doa bagi Mandela secara nasional. Pada hari Sabtu (7/12) pemerintah mengumumkan bahwa persiapan sedang dilakukan secara total untuk pemakaman mantan presiden Afrika Selatan, Nelson Mandela.

Collins Chabane, Menteri dalam Presidensi menyatakan bahwa persiapan tersebut meliputi: tubuh Mandela yang sedang disiapkan oleh Dinas Kesehatan Militer dari Angkatan Pertahanan Nasional Afrika Selatan untuk disemayamkan di Union Buildings dari tanggal 11-13 Desember 2013.

Persiapan tersebut juga dilakukan di tempat-tempat penting seperti Union Buildings di Pretoria, Stadion FNB di Johannesburg, Mthatha dan Qunu di Eastern Cape dan di pelabuhan masuk untuk mempersiapkan acara yang berkaitan dengan Pemakaman Negara yang dijadwalkan pada Minggu (15/12).

Chabane mengatakan pemerintah menegaskan kembali seruan presiden Jacob Zuma bagi bangsa ini untuk menggunakan 8 Desember sebagai Hari Doa Nasional dan refleksi di tempat-tempat ibadah, rumah dan masyarakat untuk merayakan kehidupan Mandela dan warisan yang telah ia tinggalkan.

Upacara Resmi

Pemerintah telah menetapkan 10 Desember untuk upacara resmi di Stadion FNB, yang akan dihadiri oleh anggota masyarakat, VIP dan VVIP.

Acara ini akan dihadiri oleh sekitar 100 kepala negara atau kepala pemerintahan dan mantan kepala negara / pemerintahan.  Chabane menambahkan bahwa pemerintah saat ini sedang dalam proses pengarahan korps diplomatik untuk memfasilitasi kehadiran kunjungan para pemimpin.

Afrika Selatan dan pengunjung internasional yang terpilih dan para tamu lainnya akan dapat melihat Mandela untuk yang terakhir kalinya di Union Buildings selama tiga hari mulai 11 Desember.

Setiap harinya, jenazah Mandela akan diangkut mulai dari Rumah Sakit Militer di Pretoria dan Union Buildings. Pada Selasa (10/12), sebuah acara resmi akan digelar di Stadion FNB di pinggiran Johannesburg.

Pada tanggal 14 Desember, jenazah Mandela akan diangkut ke Eastern Cape dari Air Force BaseWaterkloof di Pretoria di mana Kongres Nasional Afrika akan mengucapkan perpisahan kepada Mandela.

Pada tanggal 15 Desember, upacara dan ibadah pemakaman akan berlangsung di rumah Mandela dan tempat peristirahatan terakhir di Qunu di Eastern Cape.

“Pemerintah akan terus memberikan info lengkap dan terbaru perihal pemakaman Mandela kepada masyarakat Afrika Selatan dan internasional agar perpisahan ini menjadi acara yang inklusif dan populer.” Kata Chabane. (english.cntv.cn & bbc.co.uk)

 

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home