Loading...
DUNIA
Penulis: Sotyati 16:53 WIB | Selasa, 10 Desember 2013

Penghormatan Terakhir Mandela, Afsel Perketat Keamanan

Ribuan warga berkumpul di FNB Stadium, di Johannesburg. (Foto: mg.co.za)
JOHANNESBURG, SATUHARAPAN.COM – Puluhan ribu warga Afrika Selatan, puluhan presiden dan perdana menteri, tokoh-tokoh ternama, hingga petugas penyapu jalan saat ini, Selasa (10/12), di tengah guyuran hujan, sedang menuju tempat yang sama. FNB Stadium, di Johannesburg. 
 
Stadion berkapasitas 90.000 orang itu sedang menjadi pusat perhatian dunia. Di tempat itu diselenggarakan upacara penghormatan terakhir mantan Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela, yang meninggal 5 Desember pada usia 95 tahun. 
 
Pemerintah Afrika Selatan memperketat penjagaan keamanan dengan hadirnya 91 kepala negara dan kepala pemerintahan, termasuk di dalamnya Presiden AS Obama, Presiden Kuba Castro, Perdana Menteri David Cameron, selain Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma.  
 
Pasukan elite, penembak jitu, hingga anjing-anjing terlatih diterjunkan untuk menjaga keamanan di sekitar stadion. 
 
Seperti dilaporkan CNN, kepala negara dari enam negara dijadwalkan memberikan sambutan pada upacara penghormatan terakhir pejuang apartheid itu. Acara dijadwalkan berlangsung empat jam. 
 
Presiden ke-24 Liberia, Ellen Johnson Sirleaf, termasuk petinggi negara yang sudah hadir, disusul Perdana Menteri Inggris David Cameron. Terlihat hadir juga Presiden Afghanistan Hamid Karzai dan Presiden Brasil. Di jajaran keluarga, hadir istri sekarang dan mantan istri Winnie Mandela.
 
Di antara kepala pemerintahan negara-negara Afrika, terlihat sudah hadir di stadion Presiden kulit putih terakhir Afrika Selatan Frederik Willem de Klerk, Uskup Desmond Tutu, Presiden Jacob Zuma, mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair, mantan Perdana Menteri Inggris John Major, Sekjen PBB Ban Ki-moon, dan mantan Sekjen PBB Kofi Annan.  
 
Di jajaran selebriti, terlihat model kulit hitam ternama Naomi Campbell sudah memasuki ruang VIP stadion. 
 
Hingga berita ini diturunkan, warga masih datang berbondong-bondong ke stadion. Sebagian di antaranya berlari-lari kecil dalam gerak tari sambil terus melantunkan nyanyian. 
 
Warga masih terus menarikan tarian rakyat sambil menyanyi di dalam stadion. Warga menempati balkon bagian atas. 

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home