Loading...
EKONOMI
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 11:13 WIB | Rabu, 27 Mei 2015

Pemerintah Dorong Ikan Hias Kuasai Pasar ASEAN

Ilustrasi kinerja ekspor ikan hias tumbuh signifikan. (Foto: Dok.satuharapan.com/yiela.com)

MANADO, SATUHARAPAN.COM – Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) T Hasudungan Siregar mengatakan pemerintah mendorong produk ikan hias agar dapat menguasai pasar ASEAN guna menghadapi pasar bebas awal tahun 2016.

"Pasar bebas ASEAN akan menuntut kita untuk lebih optimal lagi dalam melakukan kegiatan perdagangan khususnya ekspor ikan hias," kata Hasudungan, di Manado, Rabu (27/5).

Dia mengatakan saat ini Sulut baru masuk ke pasar Thailand untuk produk ikan hias, dan diharapkan akan lebih luas lagi ke semua negara di ASEAN.

"Pasar ASEAN dinilai cukup potensial untuk memasarkan produk ikan hias Sulut," kata dia.

Hasudungan mengatakan hingga triwulan pertama tahun 2015 ikan hias yang diekspor ke Thailand sebanyak 174 kilogram (kg) dan mampu memberikan sumbangan pada inflasi sebesar USD 2.400.

Karena itu, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulut terus melakukan sinergitas dengan instansi terkait sehingga pengembangan produk ikan hias di Sulut supaya mampu memenuhi permintaan pasar ASEAN.

Pemerintah, kata dia, akan terus memfasilitasi para pengekspor khusus ikan hias dalam pengurusan semua surat-menyurat ekspor dan berbagai pelatihan dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas produk.

Dia berharap ke depan ekspor ikan hias Sulut semakin beragam dan mampu meningkatkan devisa bagi negara. (Ant)

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home