Loading...
EKONOMI
Penulis: Prasasta Widiadi 23:00 WIB | Minggu, 26 Juli 2015

Pemerintah Fasilitasi Wirausaha di Papua

Ilustrasi: AAGN Puspayoga (kiri, bawah) saat menghadiri Rapat Kerja dengan Komisi VI DPR RI beberapa waktu lalu. (Foto: Dok. satuharapan.com/ Prasasta Widiadi)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Pemerintah ingin mendorong tumbuhnya lebih banyak wirausaha muda di Papua. Oleh karena itu Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah (AAGN) Puspayoga menyatakan ingin memfasilitasi masyarakat Papua  dengan berbagai bekal dan keterampilan.

“Kami memahami bahwa masyarakat Papua sejak lama ingin maju dan mandiri secara ekonomi, oleh karena itu kami siap memfasilitasi dan membekali masyarakat Papua dengan beragam pelatihan yang diperlukan untuk merintis wirausaha,” kata  Puspayoga  dalam pesan elektronik yang diterima di Jakarta, Minggu (26/7).

Puspayoga mengatakan demikian karena masyarakat Papua memiliki potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia yang sama besarnya sebagai modal berwirausaha.

 Puspayoga sedang  berada di Papua untuk menyelenggarakan rangkaian pelatihan wirausaha yang disesuaikan dengan potensi dan kearifan lokal masyarakat setempat, dia senang karena  masyarakat Papua  antusias untuk mengikuti kegiatan pelatihan wirausaha yang digelarnya.

“Realitas ini merupakan refleksi dari keinginan masyarakat Papua untuk maju secara ekonomi, dan pada akhirnya nanti meningkatkan perekonomian Indonesia. Ini luar biasa,” kata dia.

Saat ini kementerian yang dia pimpin  memfasilitasi berbagai pelatihan wirausaha seperti yang dilakukan di Distrik Muara Tami yang menggelar empat pelatihan yaitu pengelolaan ikan bandeng, pembuatan es krim, pembuatan sari kelapa, Daur Ulang Sampah, dan pembuatan pupuk.

“Karena ini yang dibutuhkan masyarakat, dan ini yang akan diperhatikan. Kita tidak mengakomodasi yang tidak dibutuhkan masyarakat," kata dia.

Pihaknya masih mengkaji soal pelatihan yang paling dibutuhkan dan diinginkan masyarakat setempat. (Ant).

Ikuti berita kami di Facebook

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home