Loading...
INDONESIA
Penulis: Francisca Christy Rosana 14:20 WIB | Selasa, 02 Desember 2014

Pemerintah Gelontorkan Belasan Miliar untuk Karimunjawa

Keindahan alam Karimunjawa yang tergambar dari udara. (Foto: thegreencocoisland.org)

JEPARA, SATUHARAPAN.COM – Dana sebesar Rp 16 miliar pada 2015 akan digelontorkan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah untuk membantu perbaikan jalan di Pulau Karimunjawa.

Sebelumnya, perbaikan jalan tersebut hendak direalisasikan tahun anggaran 2014 pada APBD Perubahan, namun karena waktunya terlalu mepet jadi dilakukan penundaan.

"Panjang jalan yang akan dilakukan perbaikan sekitar 22 kilometer dari Desa Karimunjawa hingga Kemojan," Bupati Jepara Ahmad Marzuqi pada Selasa (2/11) mengatakan.

Adanya perbaikan jalan tersebut diharapkan dapat menunjang aktivitas masyarakat sehari-hari dan menjaga kenyamanan wisatawan yang berkunjung.

Sarana dan prasarana di Pulau Karimunjawa, lanjut dia, memang perlu dibenahi untuk mendongkrak tingkat kunjungan wisatawan.

Selain sarana jalan, landasan pacu di Bandara Dewandaru juga akan diperpanjang menjadi 1.600 meter. Awalnya, panjang landasan hanya 900 meter, kemudian diperpanjang menjadi 1.300 meter.

Dengan landasan sepanjang itu, bandara hanya bisa menampung pesawat bermuatan 40-an penumpang.

Menurut Marzuki, apabila landasan pacu bandara setempat mampu menampung pesawat komersial, wisatawan tidak perlu khawatir lagi perihal transportasi jika kapal tak dapat beroperasi saat gelombang tinggi.

"Jika menggunakan transportasi laut, waktu yang dibutuhkan memang agak lama karena untuk menempuh jarak 90 kilometer dari Jepara ke Karimunajawa bisa mencapai lima jam disesuaikan dengan kapalnya," ujarnya.

Adanya pengembangan Bandara Dewandaru diharapkan objek wisata Karimunjawa akan menjadi satu dari empat destinasi wisata andalan di Jawa Tengah. (Ant)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home