Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Sotyati 12:01 WIB | Kamis, 26 Desember 2013

Pemilik Cardiff dari Malaysia Beli Klub Bosnia

Pengusaha Malaysia Vincent Tan. (Foto: bbc.co.uk)

SARAJEVO, SATUHARAPAN.COM - Pemilik klub Cardiff City asal Malaysia, Vincent Tan, melebarkan sayap ke Eropa dengan membeli klub sepakbola Bosnia, FK Sarajevo.

Tan (61), Chief Executive Berjaya Corporation Berhad,  terlibat pembicaraan sejak pertengahan tahun ini dan sekarang Cardiff resmi menjadikan FK Sarajevo sebagai mitra.

"Kami ingin memberi kesempatan kepada pemain-pemain Sarajevo untuk bermain di Cardiff dan di Liga Primer," ujar Tan seperti dikutip Dnevni Avaz, surat kabar di Sarajevo.

Pengusaha kelahiran Batu Pahat, Johor, yang usahanya meliputi properti, resor, golf, dan judi itu, mengatakan pihaknya juga berencana membangun sekolah sepakbola di Bosnia.

Berbeda dengan saat mengambil alih Cardiff pada 2010, kini Tan berjanji untuk tidak mengubah logo dan warna seragam resmi FK Sarajevo.

Hubungan Tan dengan para pendukung Cardiff tidak mesra setelah ia memutuskan untuk mengganti logo dan warga kaus Cardiff.

 

Hubungan Buruk

Beberapa hari lalu, seperti diberitakan BBC, pengusaha yang masuk daftar orang kaya 2010 versi Forbes  itu, kembali menjadi bahan pembicaraan setelah mengirim email kepada manajer Cardiff Malky Mackay untuk mundur.

Mackay dikenal sangat populer di kalangan suporter Cardiff dan mengatakan hubungan yang buruk antara dia dan Tan bisa mengancam masa depan Cardiff di Liga Primer.

Tan dilaporkan kecewa dengan gaya bermain Cardiff dan tak bisa menerima kebijakan transfer Mackay.

Dilaporkan bahwa lewat sebuah email yang dikirim ke Mackay, awal pekan, Vincent Tan menjelaskan ketikdapuasan terhadap manajer asal Skotlandia tersebut.

Ia mengkritik Mackay dalam berbagai aspek, seperti perekrutan pemain, dana transfer, hasil pertandingan, maupun gaya bermain.

Tan juga mempertanyakan pengalaman Mackay, yang sebelumnya mengasuh Watford, sebagai manajer.

Dalam emailnya, Tan disebutkan “amat kecewa” setelah Mackay mengungkapkan dia berharap membeli tiga pemain baru dalam musim transfer Januari.

Mackay, yang ditunjuk menjadi manajer Juni 2011, berhasil membawa Cardiff naik dari Liga Championship ke Klik Liga Primer.

Cardiff memecahkan rekor nilai transfernya musim panas lalu dengan merekrut Corneliusfor senilai £7,5 juta (1 pounsterling/GBP sama dengan 19.989,70 rupiah), Steven Caulkerfor (£8 juta) dan Gary Medelfor (£11 juta). (BBC/Wikipedia)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home