Loading...
INDONESIA
Penulis: Reporter Satuharapan 10:17 WIB | Sabtu, 15 Maret 2014

Pemilu 2014, Pengusaha Kecil: DPRD Kota Bekasi Masih Mempersulit Izin UKM

Owner Khalish Shoes, Herry Rusdiawan. (Foto: Andreas Pamakayo)

BEKASI, SATUHARAPAN.COM – Menjalankan usaha kecil dan menengah (UKM) merupakan suatu bagian penting dari perekonomian suatu negara maupun daerah, namun jika pengusaha kecil masih dipersulit di kota Bekasi, dan belum menjadi perhatian khusus bagi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), maka itu yang dikeluhkan pemilik industri pembuat sepatu "Khalish Shoes", Herry Rusdiawan (33). 

“Selama lima tahun saya membuka usaha sepatu ini belum pernah melihat anggota DPRD Bekasi yang terjun secara langsung melihat UKM yang dibuat oleh masyarakat sekitar,” kata pengusaha UKM ini di Bulak Kapal Bekasi Timur, Jumat (14/3).

Lanjut Herry mengaku, usaha home industry-nya ini berdiri sendiri, bagaimana untuk UKM mendapatkan informasi secara akurat agar link bisnisnya antara pelaku usaha kecil dan menengah dengan daya saing usaha yaitu jaringan pasar.

“Saya kira kinerja anggota DPRD kota Bekasi ini belum proposional terhadap UKM yang dikelolahnya sendiri bersama dengan warga sekitar. Sosialisasi yang masih sangat kurang, dan informasi bagi pengusaha kecil seprti kami ini tidak ada.  Terlebih disini mengurus izin harus mengeluarkan biaya yang banyak untuk ini itu, dan prosesnya sendiri dipersulit oleh oknum terkait,” Herry mengungkapkan.

Untuk itu, kata Herry, dalam memlih calon anggota leglislatif (caleg) yang perduli terhadap isu-isu mengenai UKM mereka yang secara nyata dapat terjun langsung melihat kondisi usaha kecil, jujur, berpendidikan dan mempunyai niat baik bagi kemajuan UKM di kota Bekasi.

“Caleg harus dapat mengetahui UKM yang ada di Bekasi. Bagaimana mereka dengan jujur, berpendidikan dan mengerti tetang kemajuan serta pengembangan UKM ini,” Herry menerangkan.

Walaupun, tambah Herry, belum ada caleg yang cocok, dan pantas dalam mengembahkan UKM terutama di kota Bekasi. Kebanyakan lanjutnya, hanya punya program tapi tidak pernah berjalan secara baik.

“Anggota DPRD yang diinginkan untuk mendukung UKM dengan cara terjun langsung serta peduli terhadap pengusaha kecil ini. Jangan hanya janji-janji saat menjelang kampanye,” Herry menambahkan.

Intinya, menurut Herry, anggota DPRD Bekasi harus sering terjun ke bawah melihat UKM rakyat, jadi masyarakat dapat mengetahui siapa wakil yang nanti akan duduk sebagai anggota DPRD yang benar-benar peduli pada nasib rakyatnya.

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home