Loading...
EKONOMI
Penulis: Prasasta Widiadi 06:57 WIB | Kamis, 07 Mei 2015

Pemkab Mimika Targetkan Juni Kerjakan Pasar Mama-mama

Ilustrasi: Jokowi saat sebelum menjabat Presiden melakukan kampanye di Papua pada 2014 lalu. (Foto: Antara).

TIMIKA, SATUHARAPAN.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika, Papua, menargetkan Juni 2015 akan membangun pasar bagi para pedagang ataulebih dikenal dengan sebutan Pasar Mama-Mama  di lokasi Pasar Sentral Timika, Papua.

“Saya jamin awal Juni sudah mulai dikerjakan. Kita juga akan bangun pasar modern tipe A2 untuk pedagang pakaian, peralatan elektronik dengan alokasi anggaran tahap pertama sebesar Rp12 miliar,” kata Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Mimika, Barnabas Dias di Timika, Selasa (5/5).

Dia mengatakan pasar bagi Mama-mama Papua itu nantinya akan dibangun secara modern, penjual dan pembeli merasa nyaman untuk melakukan transaksi di lokasi itu.

Hingga kini Disperindag Mimika sedang memproses administrasi untuk pelelangan paket pekerjaan tersebut.

Menurut Barnabas, Pemerintah Pusat juga menyediakan alokasi anggaran untuk mendukung pembangunan pasar-pasar tradisional di daerah mulai tahun anggaran 2016 hingga 2019.

Pemkab Mimika, Provinsi Papua, mengalokasikan dana Rp 2 miliar untuk membangun pasar bagi para pedagang atau Mama-mama Papua di lokasi Pasar Sentral Timika.

"Kita akan membangun dua los panjang dengan rolling door di setiap los agar Mama-mama Papua bisa berjualan dengan aman dan nyaman. Kalau selama ini Mama-mama Papua berjualan di tempat terbuka dan berjubel di pinggir jalan, kondisinya sangat memprihatinkan," kata Barnabas.

Untuk 2016, Disperindag Mimika mengusulkan anggaran ke pusat sebesar Rp 6 miliar untuk pembenahan Pasar Sentral Timika dan Rp 3 miliar untuk membangun pasar pada dua distrik (kecamatan) yaitu Mimika Baru dan Mimika Barat.

Disperindag Mimika akan terus meminta dukungan penganggaran dari pusat untuk membangun pasar di ibu kota distrik yang lain agar roda perekonomian juga tumbuh dan berkembang hingga pelosok-pelosok pedalaman Mimika.

"Kalau nanti usul dana dari pusat itu disetujui kita akan gunakan dana itu untuk membenahi semua pasar di Pasar Sentral Timika sehingga ke depan pengunjung semakin ramai dan pembeli merasa nyaman untuk berbelanja di tempat itu," kata Barnabas.

Khusus untuk pasar modern tipe A2 yang akan dikerjakan mulai tahun ini dengan anggaran Rp 12 miliar akan setipe dengan pasar modern A1 yang telah rampung dikerjakan. Pembangunan pasar modern tipe A2 itu nantinya akan dilakukan bersamaan dengan peresmian pasar modern tipe A1 yang berada di lokasi yang sama yaitu di bagian depan Pasar Sentral Timika Jalan Hasanuddin, Irigasi-Sempan. (antarapapua.com).

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home