Loading...
EKONOMI
Penulis: Prasasta Widiadi 07:00 WIB | Kamis, 07 Mei 2015

Pemprov: Investor Tiongkok Segera Datang ke Papua

Ilustrasi smelter. (Foto: adelaidenow.com.au)

JAYAPURA, SATUHARAPAN.COM – Investor asal Tingkok akan segera datang ke Papua untuk menindaklanjuti ketertarikan membangun pabrik pemurnian hasil tambang (smelter) di Papua.

“Dalam perencanaannya CEO (Chief Executive Officer) Bao Dong Bin mewakili Felix Gold akan datang ke Papua untuk menindaklanjuti MoU (Memorandum Of Understanding), kita menunggu kedatangan mereka,” kata Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Papua, Bangun Manurung, di Jayapura, Rabu (6/5).

Dalam kunjungan, investor dari Tiongkok akan disambut Bupati Mimika, Bupati Paniai, Bupati Nduga dan Bupati Intan Jaya, SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) terkait dan ketua DPRD Papua, China Gold menyatakan minatnya untuk menyediakan dana pembangunan pabrik smelter yang akan ditopang oleh Bank Of China.

“Mereka telah berminat, Gubernur bersama Bupati telah menadatangani Mou, namun kesepakatannya masih bersifat umum, belum ada ikatan apapun akan tetapi ada kesepahaman ataran Pemerintah Papua bersama Bupati dan pihak investor,” kata dia.

Dia menambahkan, Pemprov Papua terbuka kepada siapa yang benar-benar mempunyai niat berinvestasi dan meralisasikan investasi, namun MoU yang telah ditandatangani kedua belah pihak masih ada pembahasan lebih rinci.

“Ini tidak mudah, karena dana yang dibutuhkan sekitar 1 miliar dolar anggaran untuk membangun smelter,” kata dia.

Kedatangan investor asal Tiongkok tersebut, sambung dia, bertujuan untuk melakukan survei dan Pemprov akan terus melihat progresnya untuk merealisasikan pembangunan smelter ini. (antarapapua.com)

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home