Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Febriana Dyah Hardiyanti 19:41 WIB | Sabtu, 11 Maret 2017

Pemprov DKI Akan Bentuk Relawan Siaga Bencana

Seorang penghuni komplek perumahan menggunakan kendaraannya melintas di air banjir yang melanda di komplek tersebut sejak siang hingga sore ini setelah diguyur hujan. (Foto: Dok satuharapan.com/Dedy Istanto)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana membentuk Relawan Siaga Bencana (RSB) yang berbasis masyarakat atau komunitas lokal.

"Rencananya, kami ingin membentuk RSB, namun berbasis masyarakat atau komunitas lokal," kata Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI, Sumarsono, di Balai Kota, Jakarta Pusat, hari Jumat (10/3).

Nantinya, menurut dia, relawan tersebut akan bertugas melakukan upaya-upaya mitigasi, terutama dalam hal meningkatkan kesadaran sekaligus kemampuan warga dalam menghadapi bencana.

"Kami akan memberikan bimbingan teknis atau pembekalan kepada para RSB itu supaya mampu menjalankan tugasnya untuk memberikan pengetahuan, pemahaman serta penyadaran di komunitas lokal tempat tinggal relawan," ujar Sumarsono.

Lebih lanjut, dia menuturkan pembentukan RSB itu dilakukan mengingat Jakarta merupakan Ibu Kota negara dan pusat dari segala aktivitas, sehingga penanggulangan bencana menjadi suatu prioritas.

"Selain itu, bencana juga bisa datang kapan saja, tidak bisa diduga waktunya. Oleh karena itu, penanganan bencana harus menjadi tanggung jawab kita bersama," tutur Sumarsono.

Sementara itu, dia mengungkapkan, wilayah garapan komunitas RSB tersebut akan dibagi ke dalam tiga klasifikasi, yaitu klaster satu yang merupakan kawasan komunitas dengan potensi ancaman tingkat berat.

Kemudian, klaster dua yang merupakan kawasan komunitas dengan bencana tingkat sedang dan klaster tiga yang merupakan kawasan komunitas dengan bencana tingkat kecil.

"Yang menjadi prioritas kami, yaitu memberikan bimbingan teknis atau pembekalan kepada para relawan di klaster satu, karena potensi ancaman bencananya cukup berat," ucap Sumarsono. (Ant)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home