Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Kartika Virgianti 18:58 WIB | Senin, 11 Agustus 2014

Pemprov DKI Gandeng BUMN Untuk Revitalisasi Kota Tua

Ilustrasi gedung Kantor Pos di Kota Tua Jakarta. (Foto: id.wikipedia.org)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama mengatakan akan melobi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk revitalisasi Kota Tua, Jakarta Barat, terutama untuk membenahi bangunan-bangunan tua yang ada di sana.

“Nanti mau dibersihkan, makanya kita butuh (kerja sama) dengan pemilik gedung itu, kan rata-rata BUMN, kalau tidak salah ada 14 gedung,” kata Basuki di Balai Kota, Senin (11/8).

Basuki mengatakan sudah menemukan format untuk membenahi Kota Tua, misalnya seperti konsep kantor pos yang bekerja sama dengan perusahaan perdagangan milik swasta di Indonesia.

“Dia akan membuat semacam beauty contest, perusahaan swasta mana yang mau masuk. Dan kita sudah punya 10 pengembang yang sudah berkomitmen mau kerja sama membangun itu (gedung di Kota Tua, Red),” kata dia.

Basuki berharap apabila sudah sepakat, tahun depan bisa mulai membangun 14 gedung tersebut sekaligus, bukan hanya dua tau tiga gedung. Selain itu Pemprov DKI juga akan membangun jalan, terowongan di belakang gedung  BNI. Saat pelaksanaan pembangunan, nantinya jalan di belakang gedung BNI itu akan ditutup sampai ke museum keramik, museum fatahillah.

“Kita akan pasang plasa dengan batu-batu,” kata Basuki terkait desain jalan yang hendak dibangun.

Di samping pembangunan, para pedagang juga akan dibenahi.

“Nanti akan kita atur mereka, kita pasti akan usir dan diangkut-angkutin barang-barang mereka. Karena sebelum kita kerjakan, pasti harus dibersihkan dulu,” tandas Basuki.

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home