Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 22:51 WIB | Selasa, 15 Desember 2015

Penalti Maitimo Menangkan Persija atas PS TNI

Penalti Maitimo Menangkan Persija atas PS TNI
Ilustrasi: Raphael Maitimo saat berlaga membela Persija Jakarta. (Foto: goal.com).
Penalti Maitimo Menangkan Persija atas PS TNI
Suasana Stadion Manahan, Surakarta, hari Selasa (15/12) malam WIB, saat Persija menghadapi PS TNI di babak perdelapan final Grup D Piala Jenderal Sudirman. (Foto: akun twitter @Jak_Online).

SURAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Kesebelasan Persija Jakarta berterima kasih atas gol dari titik putih yang dihasilkan penyerangnya, Raphael Maitimo sehingga Persija berhasil mengalahkan Persatuan Sepak Bola Tentara Nasional Indonesia (PS TNI) dengan skor 1-0 di laga Grup D Piala Jenderal Sudirman (PJS), hari Selasa (15/12) di Stadion Manahan, Surakarta.

Gol Maitimo dihasilkan dari eksekusi penalti di menit ke-87, Persija mendapat penalti karena penyerangnya, Pacho Kenmogne dijatuhkan di kotak penalti PS TNI oleh bek PS TNI, Hardiantono.

PS TNI yang belum berpengalaman di sepak bola profesional nasional, mampu bermain menekan Persija yang berpengalaman menjuarai  Liga Indonesia pada 2001.

Menurut statistik pertandingan dari Goal, PS TNI mampu menguasai bola atas Persija Jakarta dengan perbandingan 70 berbanding 30 persen  pada babak pertama.  

PS TNI mampu melahirkan peluang berbahaya, seperti yang terjadi menit ke-22 lewat aksi kerja sama Legimin Raharjo yang menggiring bola dari tengah dan melewati halangan gelandang Persija, Amarzukih dan Syahroni, bola tepat diterima penyerang TNI, Dimas Drajad namun bola tendangan Drajad masih jauh dari sasaran, sehingga kiper Persija, Andritany tidak terlalu bekerja keras.

PS TNI masih mengandalkan umpan tarik untuk membongkar rapatnya pertahanan Persija. Seperti peluang yang terjadi pada menit ke-25. Menerima umpan tarik, Guntur Triaji melepaskan bola dengan  kencang namun tidak tepat sasaran.

PS TNI kembali membahayakan gawang Persija, kali ini lewat tendangan bebas Legimin Raharjo, namun bola masih dapat dihalau Maman Abdurrahman. Sampai babak pertama selesai kedudukan tetap tanpa gol atau 0-0.

Babak kedua bek senior Persija, Ismed Sofyan bernasib sial. Bek kelahiran Banda Aceh ini menerima kartu kuning kedua karena melakukan pelanggaran ke pemain PS TNI, Khoirul Hidayat, akibatnya Persija harus bermain dengan sepuluh pemain mulai menit ke-49.

Laga sempat tertunda di menit ke-66 saat beberapa lampu penerangan Stadion Manahan padam, sehingga para pemain tidak dapat melanjutkan laga.

Pertandingan dilanjutkan  setelah dihentikan 20 menit karena masalah lampu. Setelah laga diteruskan, Persija meraih keberuntungan karena lewat skema serangan balik tim dari Jakarta ini  mendapat hadiah penalti setelah penyerangnya, Pacho Khemogne dijatuhkan di kotak penalti oleh bek PS TNI, Hardiantono.

Eksekusi penalti dihadiahkan bagi Persija di menit ke-87, dan bola ditendang dengan maksimal oleh Raphael Maitimo yang menjebol gawang PS TNI.

Satu menit kemudian penjaga gawang Persija, Andritany membuat penyelamatan gemilang karena PS TNI langsung bereaksi lewat serangan yang digalang Guntur Triaji, Erwin Ramdani, dan Wawan Febriyanto yang berujung kepada sundulan Wawan, namun bola masih dimentahkan Andritany.

Peluang tersebut merupakan peluang terakhir dari PS TNI untuk menyamakan kedudukan, namun gagal sehingga Persija memenangkan laga dengan skor 1-0.

Susunan Pemain:

Persija Jakarta: Andritany, Ismed Sofyan, M. Robby, Maman Abdurrahman, Vava Mario Yagalo, Amarzukih,  Syahroni,  Raphael Maitimo,  Dedi Hartono,  Aldy Al Achya,  Pandi Lestaluhu.

PS TNI: Dhika Bayangkara, Hendri Aprilianto, Wiganda Pradika, Hardiantono,  Khoirul Hidayat, Manahati Lestusen,  Legimin Raharjo,  Guntur Triaji,  Suhandi, Erwin Ramdani,  Dimas Drajad. (goal.com).

Ikuti berita kami di Facebook

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home