Loading...
INDONESIA
Penulis: Francisca Christy Rosana 17:03 WIB | Jumat, 10 Juli 2015

Pulau Seribu Disiapkan Jadi Halaman Depan Jakarta

Dermaga Pulau Harapan, Kepulauan Seribu. (Foto: Francisca CR)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat menggagas Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu disiapkan sebagai halaman depan ibu kota, terutama dengan memajukan sektor pariwisata.

Menurut Djarot, Kepulauan Seribu memiliki potensi pariwisata yang siap dipasarkan untuk wisatawan mancanegara. Namun demikian, masyarakat diimbau untuk siap menjadi tuan rumah yang menyambut baik tamu-tamunya.

“Kita harapkan Pulau Seribu jadi halaman terdepan Ibu Kota Jakarta. Tapi kita harus siap, seperti menjaga kebersihan. Kalau halaman terdepan bagus berarti Jakarta bersih juga. Kalau halaman depan kotor, gimana dengan isi rumahnya. Pulau seribu bukan halaman belakang, tapi halaman terdepan yang siap dipasarkan,” kata Djarot di Pulau Harapan, Kepulauan Seribu pada Jumat (10/7) siang.

Persiapan Kepulauan Seribu sebagai daerah wisata digadang-gadang mampu mendongkrak perekonomian masyarakat. Bila sektor pariwisata Kepulauan Seribu kuat, kesejahteraan masyarakat pun akan meningkat.

Transportasi Harus Disiapkan

Selain kesiapan masyarakat, hal lain yang harus disiapkan untuk memajukan sektor pariwisata ialah transportasi. Pemprov DKI menggagas kapal-kapal dari pelabuhan di Jakarta menuju Kepulauan Seribu atau sebaliknya dibayar rupiah per mil.

Pembayaran rupiah per mil disinyalir akan memperbaiki sistem transportasi laut yang hingga saat ini belum memadai. Misalnya, kapal-kapal yang melaju ke Kepulauan Seribu dipaksakan jalan dengan kuota yang melebihi batas.

Sistem perjalanan kapal yang seperti ini menurut Djarot membuat penumpang menjadi tak nyaman. Namun dengan pembayaran rupiah per mil, awak kapal tak akan mengejar kuota target setoran. Karena menurutnya, sedikit atau banyaknya penumpang, kapal tetap akan dibayar oleh Pemprov DKI. 

Editor : Bayu Probo

Ikuti berita kami di Facebook


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home