Loading...
SAINS
Penulis: Melki Pangaribuan 12:47 WIB | Selasa, 20 April 2021

Peneliti Selidiki Danau Baru Setelah Siklon Seroja di Kupang

Danau baru terbentuk di daerah Tankolo, Kelurahan Sikumana, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, setelah Siklon Tropis Seroja menerjang daerah itu pada Minggu (4/4/2021). (Foto: ANTARA)

KUPANG, SATUHARAPAN.COM - Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Provinsi Nusa Tenggara Timur menurunkan tim peneliti untuk menyelidiki danau baru yang terbentuk di daerah Tankolo, Kelurahan Sikumana, Kota Kupang, setelah Siklon Tropis Seroja menerjang wilayah tersebut pada 4 sampai 5 April 2021.

"Kami akan mencari tahu bagaimana proses danau ini terjadi, termasuk menelusuri dari mana saja sumber air yang masuk ke dalam danau ini sehingga membentuk danau yang memiliki bentangan yang luas ini," kata Kepala Bidang Pembangunan Sumber Daya Air dan Irigasi Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Provinsi Nusa Tenggara Timur Sonny J Tella ketika ditemui Antara di Kupang, Senin (19/4).

Menurut dia, penelitian juga ditujukan untuk mencari tahu sumber peningkatan volume air di danau yang baru terbentuk di daerah Tankolo tersebut.

"Penambahan ketinggian air bisa disebabkan adanya suplai air yang banyak dari sumber mata air yang bermunculan di sekitar lokasi danau," katanya.

Sonny mengatakan bahwa selama pekan ini tim peneliti akan memantau kondisi danau yang terbentuk sekitar dua pekan lalu tersebut.

Dia belum tahu apakah danau itu akan menjadi danau pemanen atau akan mengering pada musim kemarau.

"Kami belum bisa pastikan danau ini menjadi danau yang permanen atau tidak karena untuk itu perlu penelitian lebih mendalam," katanya.


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home