Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 12:46 WIB | Selasa, 24 Januari 2023

Penembakan di California, Tujuh Tewas, Tersangka Ditahan

Responden pertama bekerja di salah satu dari beberapa TKP di mana banyak orang ditembak dan dibunuh, Senin, 23 Januari 2023, di luar Highway 92 negara bagian di Half Moon Bay, California, menurut Kantor Sheriff Kabupaten San Mateo. (Foto: Nhat V. Meyer/Grup Berita Bay Area via AP)

CALIFORNIA, SATUHARAPAN.COM - Tujuh orang tewas dalam dua penembakan terkait pada hari Senin (23/1) di fasilitas pertanian di komunitas pesisir California di selatan San Francisco, dan seorang tersangka ditahan, kata para pejabat.

Empat orang ditemukan tewas dan yang kelima terluka akibat luka tembak di satu lokasi, dan tiga lainnya ditemukan tewas beberapa mil jauhnya, kata kantor Sheriff San Mateo County.

Detail tentang lokasi tidak segera jelas. Sheriff Christina Corpus mengatakan mereka berada di pembibitan. Penembakan terjadi di pinggiran Half Moon Bay, sebuah kota sekitar 48 kilometer selatan San Francisco.

Petugas menangkap Chunli Zhao yang berusia 67 tahun sehubungan dengan penembakan itu, kata kantor sheriff.

Pejabat percaya Zhao adalah seorang pekerja di salah satu fasilitas dan para korban adalah pekerja juga. Beberapa pekerja di satu fasilitas tinggal di tempat itu dan anak-anak mungkin menyaksikan penembakan itu, kata Corpus. Koneksi antara fasilitas baru tidak jelas.

Corpus mengatakan para pejabat belum menentukan motif penembakan itu, meskipun Presiden Dewan Pengawas daerah Dave Pine menggambarkan tersangka sebagai "pekerja yang tidak puas."

Penembakan itu adalah penembakan massal keenam di negara itu tahun ini - dan menyusul pembunuhan 11 orang pada hari Sabtu (21/1) malam di aula dansa ballroom di California Selatan.

Kantor sheriff pertama kali menerima laporan tentang penembakan tepat sebelum pukul 14:30, dan menemukan empat orang tewas akibat luka tembak dan orang kelima terluka di TKP pertama. Tak lama kemudian, petugas menemukan tiga orang lagi tewas akibat luka tembak di lokasi kedua di dekatnya, kata Kapten Eamonn Allen dalam rilis berita.

Sekitar dua jam setelah tanggapan pertama, wakil sheriff menemukan tersangka, Zhao, di dalam mobilnya di stasiun sheriff di Half Moon Bay. Dia ditahan dan senjata ditemukan di kendaraannya. Departemen sheriff percaya dia bertindak sendiri, kata Allen.

“Kami masih mencoba untuk memahami dengan tepat apa yang terjadi dan mengapa, tetapi ini sangat, sangat tragis,” kata Senator negara bagian Josh Becker, yang mewakili daerah tersebut dan menyebutnya sebagai komunitas pertanian yang “sangat dekat”.

Gambar televisi udara menunjukkan petugas polisi mengumpulkan bukti dari sebuah peternakan dengan puluhan rumah kaca.

Half Moon Bay adalah kota pesisir kecil dengan akar pertanian yang sekarang menjadi rumah bagi sekitar 12.000 orang. Kota dan sekitarnya wilayah San Mateo County dikenal untuk menghasilkan bunga serta sayuran seperti kecambah brussel. Pemerintah distrik mengizinkan pertanian ganja di daerah tertentu.

Ini adalah komunitas mayoritas kulit putih dan sekitar 5% populasinya adalah orang Asia, menurut data Sensus.

“Kami muak dengan tragedi hari ini di Half Moon Bay,” kata Pine. “Kami bahkan tidak punya waktu untuk berduka atas mereka yang tewas dalam penembakan mengerikan di Monterey Park. Kekerasan senjata harus dihentikan.”

Gubernur California, Gavin Newsom, tweeted bahwa dia “di rumah sakit bertemu dengan para korban penembakan massal ketika saya ditarik untuk diberi pengarahan tentang penembakan lain. Kali ini di Half Moon Bay. Tragedi demi tragedi.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home