Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 19:24 WIB | Selasa, 24 Januari 2023

Terkait Berbagai Skandal, Sejumlah Pejabat Senior Ulraina Mengundurkan Diri

Tentara Ukraina di posisi mereka di garis depan dekat Soledar, wilayah Donetsk, Ukraina, pada 11 Januari 2023.(Foto: dok. AP)

KIEV, SATUHARAPAN.COM - Beberapa pejabat senior Ukraina mengundurkan diri pada hari Selasa (24/1) dalam perombakan yang menurut Kiev menunjukkan Presiden Volodymyr Zelenskyy selaras dengan masyarakat menyusul tuduhan korupsi.

Pergantian personel yang lebih banyak diperkirakan terjadi dalam beberapa hari mendatang menjelang ulang tahun pertama invasi Rusia, yang sebagian besar membekukan politik dalam negeri karena persaingan politik dikesampingkan untuk fokus pada kelangsungan hidup Ukraina.

Pengunduran diri pejabat termasuk wakil jaksa agung, wakil kepala kantor presiden dan wakil menteri pertahanan mengikuti pengumuman oleh Zelenskyy pada hari Senin (23/1) tentang "keputusan personalia - beberapa hari ini, beberapa besok."

“Keputusan personalia Zelenskyy membuktikan prioritas utama negara... Presiden melihat dan mendengar masyarakat. Dan dia secara langsung menanggapi permintaan utama publik – keadilan untuk semua,” kata Mykhailo Podolyak, penasihat senior Zelenskyy.

Kantor kepresidenan mengatakan telah menerima pengunduran diri Kyrylo Tymoshenko sebagai wakil kepala. Tymoshenko tidak memberikan alasan untuk kepergiannya.

Pria berusia 33 tahun itu bekerja pada kampanye pemilihan Zelenskyy dan telah menjabat sejak 2019, mengawasi wilayah dan kebijakan regional Ukraina. Dia telah dikritik oleh media Ukraina karena mengendarai mobil sport selama invasi, tetapi dia membantah melakukan kesalahan dan mengatakan bahwa kendaraan tersebut telah disewa.

Seorang wakil jaksa agung, Oleksiy Symonenko, dicopot dari jabatannya "sesuai keinginannya sendiri," kata Kantor Kejaksaan Agung.

Symonenko telah dikritik karena apa yang dikatakan media sebagai liburan 10 hari bersama keluarganya di Marbella di Spanyol selama Tahun Baru meskipun ada perang dengan Rusia. Symonenko belum berkomentar secara terbuka atas tuduhan tersebut.

Zelenskyy mengatakan dalam pidato malamnya pada hari Senin bahwa para pejabat tidak lagi dapat bepergian ke luar negeri untuk tujuan yang tidak terkait dengan pekerjaan pemerintah.

Wakil Menteri Pertahanan, Vyacheslav Shapovalov, mengajukan pengunduran dirinya setelah laporan media Ukraina menuduh kementerian pertahanan membayar harga yang dinaikkan untuk persediaan makanan.

Kementerian mengatakan tuduhan itu tidak berdasar tetapi pengunduran diri Shapovalov adalah "perbuatan yang layak" yang akan membantu mempertahankan kepercayaan pada kementerian.

Dalam perombakan lain setelah dimulainya perang, kepala dinas keamanan SBU dan jaksa agung negara dicopot dari jabatannya Juli lalu. Zelenskyy menganggap mereka sekutu dekat, tetapi mengatakan mereka gagal membasmi pengkhianat dalam organisasi mereka. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home