Loading...
HAM
Penulis: Bayu Probo 08:00 WIB | Minggu, 16 Agustus 2015

Pengadilan Federal AS Larang Iklan Anti-Islam di Bus Umum

Iklan AFDI di bus umum Washington DC, 21 Mei 2014. (Foto: Getty/Karen Bleier)

KING COUNTY, SATUHARAPAN.COM – Kelompok anti-Muslim dilarang memasang iklan di bus di negara bagian Washington yang menunjukkan foto-foto buron teroris dan salah mengklaim bahwa FBI menawarkan hadiah $25 juta bagi yang dapat menangkap mereka. Pengadilan banding federal memutuskan Rabu (12/8).

Sebuah panel tiga hakim dari Pengadilan Banding Federal Distrik 9 (9th US Circuit Court of Appeals) menolak klaim oleh American Freedom Defense Initiative bahwa King County melanggar Amendemen Pertama tentang hak atas kebebasan berbicara. Pemerintah King County di negara bagian Washington menolak memasang iklan di bus.

Kelompok ini—yang pemimpinnya, Pamela Geller, menyelenggarakan kontes kartun Nabi Muhammad di Texas yang meledak dalam kekerasan pada Mei lalu—memiliki iklan bus serupa di kota-kota lain dan mengadu ke pengadilan dengan hasil yang beragam setelah beberapa pejabat transportasi menolak mereka.

David Yerushalmi, pengacara kelompok ini mengatakan akan mengajukan banding atas putusan Rabu itu ke Mahkamah Agung AS.

   Baca juga:

The American Freedom Defense Initiative (AFDI) berusaha untuk menampilkan iklan di negara bagian Washington yang disebut “Faces Global Terorisme,” yang termasuk 16 foto-foto militan dengan nama mereka terdaftar dan pernyataan “AFDI Ingin Anda Menghentikan Teroris.” Dikatakan FBI menawarkan hadiah $ 25 juta untuk menangkap salah satu orang yang ditampilkan itu.

King County Metro Transit menolak banner itu. Mereka mengatakan iklan itu gagal memenuhi pedoman kebijakan iklan yang melarang iklan yang “tidak benar atau menyesatkan, merendahkan atau meremehkan atau berbahaya atau mengganggu sistem transit.”

Pengadilan banding setuju bahwa klaim tentang hadiah itu palsu.

“FBI tidak menawarkan imbalan sama sekali, dan Departemen Luar Negeri menawarkan hadiah paling tinggi adalah $5 juta, bukan $25 juta, untuk menangkap salah satu teroris yang digambarkan,” kata pengadilan.

Para hakim mengatakan penolakan Metro itu “mungkin wajar.”

“Tidak ada dalam catatan menunjukkan baik yang Metro akan menerima iklan dengan ketidaktepatan yang sama. Atau, tidak pernah Metro menerima iklan yang hanya menyatakan sudut pandang yang berbeda atau menerima iklan lain yang mengandung pernyataan palsu,” kata putusan itu.

Pamella Geller. (Foto: AP)

The American Freedom Law Center memiliki catatan campuran pada pertarungan mereka di pengadilan atas iklan di kota-kota lain.

Seorang hakim federal memutuskan untuk mendukung mereka ketika menggugat Otoritas Transportasi Pennsylvania karena menolak untuk menjalankan iklan yang mengatakan “Kebencian Islam atas Yahudi ada dalam Alquran”

Kelompok ini memenangkan putusan pengadilan di New York City dua kali, dan kasus di Detroit ditunda, kata Yerushalmi, pengacara kelompok.

Tapi pengadilan dan banding federal memutuskan untuk mendukung Massachusetts Bay Transportation Authority, yang menolak untuk menjalankan dua iklan “pro-Israel/anti-jihad” di bus, dengan mengatakan iklan ini merendahkan Islam. Kelompok ini telah mengajukan banding ke Mahkamah Agung, kata Yerushalmi.

Kelompok ini juga telah menggugat Otoritas Transportasi Washington untuk menolak iklan yang termasuk pengumuman pemenang dari “Kontes Kartun Muhammad”

Yerushalmi mengkritik 9 Circuit, mengatakan pejabat transit di negara bagian Washington yang memungkinkan pidato kontroversial dan memperlakukan ruang iklan sebagai forum publik terbatas, “dengan pemerintah yang memutuskan yang disebut baik atau buruk, asalkan pemerintah dapat mengumpulkan beberapa penjelasan yang masuk akal. “

“Selalu ada beberapa alasan untuk sensor pemerintah. Ini hal yang tidak benar atau inkonstitusional,” katanya.

Pengadilan mengatakan tidak akan mencegah kelompok ini menampilkan iklan di forum lain, seperti billboard, koran atau televisi. Sebab, menurut pengadilan, iklan ini tidak menunjukkan “kerusakan ekstrem atau sangat serius akan terjadi.” (huffingtonpost.com)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home