Loading...
FOTO
Penulis: Dedy Istanto 14:04 WIB | Kamis, 28 Juli 2016

Pengeboran Bawah Tanah MRT Direncanakan Selesai Akhir Tahun

Pengeboran Bawah Tanah MRT Direncanakan Selesai Akhir Tahun
Seorang petugas melintas di jalur terowongan bawah tanah Mass Rapid Transit (MRT) yang berada di stasiun Dukuh Atas yang saat ini sudah mencapai sepanjang 682,5 meter dari stasiun bundaran Hotel Indonesia di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (28/7). Direncanakan pengerjaan pengeboran bersama dengan keempat mesin bor atau tunnel boring machine (TBM) akan selesai pada akhir tahun 2016. (Foto-foto: Dedy Istanto).
Pengeboran Bawah Tanah MRT Direncanakan Selesai Akhir Tahun
Kondisi jalur terowongan bawah tanah MRT dari arah stasiun bundaran Hotel Indonesia sampai dengan stasiun Dukuh Atas sudah mencapai 682,5 meter dengan mesin TBM bernama Mustikabumi I.
Pengeboran Bawah Tanah MRT Direncanakan Selesai Akhir Tahun
Seorang pekerja melintas di antara sela jalur terowongan MRT bawah tanah yang berada di stasiun Dukuh Atas Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat yang saat ini sudah mencapai 682,5 meter.
Pengeboran Bawah Tanah MRT Direncanakan Selesai Akhir Tahun
Para pekerja terlihat mengecek salah satu rangkaian mesin bor atau TBM Mustikabumi I yang berada di stasiun Dukuh Atas, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat yang sudah mencapai 682,5 meter.
Pengeboran Bawah Tanah MRT Direncanakan Selesai Akhir Tahun
Tunnel boring machine (TBM) bernama Mustikabumi I sedang dicek oleh para pekerja setelah menembus mengerjakan pengeboran dari stasiun bundaran Hotel Indonesia menuju stasiun Dukuh Atas sepanjang 682,5 meter.
Pengeboran Bawah Tanah MRT Direncanakan Selesai Akhir Tahun
Kondisi mesin bor atau TBM bernama Mustikabumi I sedang dilakukan pengecekan oleh para pekerja setelah menembus jalur terowongan dari stasiun bundaran Hotel Indonesia sampai dengan stasiun Dukuh Atas.

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Pengerjaan pengeboran bawah tanah jalur Mass Rapid Transit (MRT) direncanakan selesai pada akhir tahun 2016. Sampai dengan hari Kamis (28/7) pengerjaan pengeboran jalur bawah tanah dari stasiun bundaran Hotel Indonesia sampai dengan stasiun Dukuh Atas sudah mencapai 682,5 meter.

Pengerjaan pengeboran menggunakan tunnel boring machine (TBM) bernama Mustikabumi I yang dioperasikan sejak bulan Februari kemarin mulai dari stasiun bundaran Hotel Indonesia telah berhasil mencapai stasiun Dukuh Atas. Sementara untuk TBM Mustikabumi II yang dioperasikan bulan April sudah mencapai 441 meter.

Kedua mesin bor tersebut bergerak melakukan penggalian membuat terowongan jalur MRT menuju arah selatan menembus stasiun Dukuh Atas sampai dengan nanti menembus stasiun Setiabudi di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan.

Rencananya seluruh pengerjaan pengeboran akan selesai pada akhir tahun 2016 dengan perkembangan, mesin bor Antareja I dari patung Pemuda, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan sudah mencapai 1.276,5 meter, Antareja II sudah mencapai 1.012,5 meter. Sementara untuk mesin bor Mustikabumi I sudah mencapai 682,5 meter dan Mustikabumi II mencapai 441 meter dengan jumlah total keseluruhan sudah mencapai 3.412,5 meter.

Dalam rilis yang diterima satuharapan.com, berdasarkan data per 30 Juni 2016 pengerjaan konstruksi MRT untuk koridor Selatan – Utara fase I  jurusan Lebak Bulus – bundaran Hotel Indonesia secara keseluruhan telah mencapai 50,84 persen, dengan rincian pengerjaan struktur layang telah mencapai 33,81 persen, dan pengerjaan struktur bawah tanah mencapai 68,02 persen.

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home