Loading...
INDONESIA
Penulis: Dewasasri M Wardani 14:08 WIB | Rabu, 01 Oktober 2014

Pengucapan Sumpah/Janji Anggota DPR RI 2014-2019

Pelantikan anggota DPR periode 2014-2019. (Foto: Dedy Istanto)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM  - Sebanyak 555 anggota DPR RI periode 2014-2019, telah mengucapkan sumpah jabatan. Ketua Mahkamah Agung, Hatta Ali, memandu pengucapan sumpah janji tersebut yang digelar di Gedung DPR Senayan, Rabu (1/10)

Ketua MA Hatta Ali, kemudian membacakan sumpah dan janji anggota DPR RI periode 2014-2019 yang diikuti seluruh anggota. Sumpah itu diambil dari tata tertib DPR Pasal 9 Tata cara mengucapkan sumpah/janji sebagaimana dimaksud dalam Pasal 7 ayat (2).

Hatta menyampaikan pengantar lebih dahulu, diawali dengan ucapan "Demi Allah" untuk penganut agama Islam; diakhiri dengan ucapan "Semoga Tuhan menolong saya" untuk penganut agama Kristen Protestan/Katolik; diawali dengan ucapan "Om atah Paramawisesa" untuk penganut agama Hindu; dan diawali dengan ucapan "Demi Sang Hyang Adi Budha" untuk penganut agama Budha.

"Saya bersumpah/berjanji, bahwa saya, akan memenuhi kewajiban saya sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, sesuai dengan peraturan perundang-undangan, dengan berpedoman pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, bahwa saya dalam menjalankan kewajiban akan bekerja dengan sungguh-sungguh, demi tegaknya kehidupan demokrasi, serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan pribadi, seseorang, dan golongan; bahwa saya akan memperjuangkan aspirasi rakyat yang saya wakili untuk mewujudkan tujuan nasional demi kepentingan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia". (dpr.go.id)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home