Loading...
BUDAYA
Penulis: Bayu Probo 15:01 WIB | Senin, 04 Mei 2015

Penulis Skenario Film Dances with Wolves Meninggal

Michael Blake (kiri) dan Kevin Costner. (Foto: Erika Goldring)

TUCSON, SATUHARAPAN.COM – Michael Blake (69), penulis dan pemenang Oscar skenario Dances with Wolves, meninggal Sabtu (2/5) di Tucson, Arizona, setelah lama sakit, Variety melaporkan.

Blake masuk ke Hollywood, menulis naskah film Stacy Knights (1983), sebuah film yang dibintangi Kevin Costner. Costner-lah yang mendorong Blake menulis Dances with Wolves sebagai novel pertama, bukan skenario. Diterbitkan pada 1988, buku itu terjual lebih dari 3,5 juta eksemplar dan telah diterjemahkan ke dalam 15 bahasa. Costner membeli hak film Dances with Wolves. Dan, film ini memenangkan tujuh Academy Awards, termasuk Best Adapted Screenplay untuk Blake, Sutradara Terbaik untuk Costner, dan Film Terbaik.

Poster film Dance with Wolves

Novel lain karya Blake termasuk Airman Mortensen, Marching ke Valhalla, The Holy Road, dan Into the Stars. Ia juga menulis autobiografi berjudul Like A Running Dog. Dia meninggalkan seorang istri, Marianne Mortensen Blake, dan tiga anak mereka.

Dance with Wolves

Dances with Wolves menceritakan kisah Letnan John Dunbar (Kevin Costner) ketika mengabdi di sebagai tentara pemerintah Amerika Serikat (Union) di tengah Perang Saudara. Karena terluka parah, ia ingin bunuh diri dengan nekat menaiki kuda menyerbu perkemahan tentara Konfederasi.

Berkat tindakan itu—ditampilkan di awal film—bukannya mendapatkan maut ia malah dianugerahi kenaikan pangkat dan berhak memilih di mana pun ia akan ditempatkan. Ia berkeras menempati pos terluar di perbatasan. Umumnya itu dihindari oleh prajurit lain. Ia berkilah untuk menyaksikan alam liar Amerika yang sesungguhnya sebelum semua dibabat habis peradaban kulit putih.

Di luar perkiraan, pos dan benteng tersebut ternyata telah kosong, atau dikosongkan. Dunbar sendirian di sana dan berusaha menguak misteri tentang apa yang terjadi sampai seorang Indian muncul dan mencuri kuda kesayangannya. Inilah awal interaksi antara dirinya dan Indian Sioux, interaksi yang merupakan fondasi hubungan berujung pembentukan jati diri sejati Letnan John Dunbar. (ew.com/wikipedia.org)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home