Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Kartika Virgianti 12:06 WIB | Senin, 30 Desember 2013

Penutupan dan Pengalihan Jalan di Malam Pergantian Tahun

Ilustrasi penutupan jalan. (Foto: beritajakarta.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Udar Pristono menjelaskan rencana penutupan jalan dan pengalihan arus lalu lintas sehubungan dengan penyelenggaraan Jakarta Night Festival (JNF) untuk menyambut malam pergantian Tahun Baru 2014. Penyelenggaraan JNF dipusatkan di Jl MH Thamrin - Jl Jend Sudirman (Bundaran Air Mancur/Patung Kuda) sampai Dukuh Atas. Penutupan jalan dan pengalihan lalu lintas akan dilaksanakan Selasa, 31 Desember 2013.

Sebagaimana dijelaskan Pristono dalam siaran pers, Senin (30/12), terkait dengan rangkaian kegiatan tersebut, penutupan itu akan dilakukan secara bertahap mulai pukul 19.00 WIB sampai dengan 02.00 WIB, dengan memperhatikan situasi di lapangan.

Ruas jalan-ruas jalan yang akan ditutup adalah Jl Majapahit (sisi timur, simpang Harmoni sampai dengan Simpang Medan Merdeka Utara), Jl Museum, Jl Medan Merdeka Barat (sisi barat dan timur), Jl Medan Merdeka Selatan (sisi utara dan selatan, kecuali menuju Sekretariat Wakil Presiden RI dan Kedubes AS), Jl MH Thamrin (Bundaran Air Mancur/Patung Kuda sampai dengan Dukuh Atas), Jl Jend Sudirman (Simpang Fly-over Prof Dr Satrio/ Casablanca) sampai dengan Dukuh Atas.

Sedangkan arah selatan – utara untuk jalur cepat akan ditutup mulai dari depan Gedung BRI Sudirman, sementara itu di jalur lambat ditutup mulai simpang Fly-over Prof Dr Satrio/Casablanca), Jl Budi Kemuliaan, Jl Kebon Sirih (Simpang Jembatan Serong sampai dengan Simpang Jl Agus Salim/Sabang), Jl Wahid Hasyim (Simpang Jl Mas Mansyur sampai dengan Simpang Jl Agus Salim/Sabang), Jl Kebon Kacang, Jl Imam Bonjol (Simpang Jl Agus Salim/Jl Pamekasan sampai dengan Bundaran HI).

Pengalihan Jalan

Selama ditutup, lokasi jalan tersebut harus steril selain dari kendaraan bermotor juga steril dari sepeda, delman, dan gerobak pedagang/PKL. Selama ditutup, telah disiapkan juga pengalihan lalu lintas.

Pengalihan kendaraan dari utara – selatan, yaitu dari arah Harmoni yang akan menuju ke selatan diarahkan melalui Jl Ir H Juanda atau Jl Abdul Muis.

Pengalihan selatan – utara, yaitu kendaraan dari arah Semanggi yang akan menuju ke utara diarahkan melalui Jl Mas Mansyur atau Jl Karet Pasar Baru Timur.

Pengalihan lalu lintas juga akan dilakukan terhadap rute TransJakarta dan penyediaan angkutan malam hari (Amari).

Koridor 1 (Blok M – Kota) akan beroperasi 24 jam. Namun mulai pukul 16.00 dilakukan pemendekan rute Blok M – Dukuh Atas (berputar di BNI – Dukuh Bawah – Landmark), rute Kota – Harmoni (berputar di Pospol Harmoni).

Koridor 2 (Pulogadung – Harmoni) akan beroperasi 24 jam. Namun untuk rute Harmoni – Pulogadung mulai pukul 18.00 akan dialihkan melewati Halte Pecenongan – Halte Juanda – Halte Pasar Baru – Lapangan Banteng – Jl Pejambon – Halte Kwitang, dan seterusnya menuju Pulogadung (tidak melintasi Halte Monas – Balai Kota – Gambir 1 dan Gambir 2).

Koridor 3 (Harmoni – Kalideres) dan Koridor 9 (Pluit – Pinang Ranti) akan beroperasi 24 jam.

Tempat parkir panitia serta pengunjung JNF akan disediakan di IRTI Monas, Silang Monas Tenggara dan Silang Monas Timur Laut, Lapangan Banteng, Parkir Timur Senayan, dan area parkir Polda Metro Jaya, serta fasilitas parkir off street (gedung, kantor, dan lain-lain) yang ada di sepanjang lokasi JNF.

Rangkaian Acara JNF

Acara JNF tersebut akan berlangsung pada pukul 19.00 – 24.00 WIB, dengan rangkaian acara meliputi 12 panggung hiburan seni musik dan budaya, kirab/jalan bersama Gubernur dan Forkompimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah), atraksi marching band dan parade seni budaya nusantara, video mapping (countdown/hitung mundur pergantian tahun).

Diinformasikan juga bahwa Dishub DKI Jakarta bekerja sama dengan Ditlantas Polda Metro Jaya akan melakukan penutupan jalan pada saat acara berlangsung. Penutupan dimaksudkan untuk mengkondisikan sekaligus mensterilkan lokasi dari kendaraan bermotor untuk selanjutnya dilakukan persiapan acara JNF.

Pristono mengimbau kepada pengelola gedung dan mall yang memiliki akses keluar/masuk di sepanjang lokasi acara JNF diharapkan dapat menginformasikan kepada pengunjungnya agar sudah di lokasi acara sebelum pukul 19.00 WIB, mengingat  sejumlah ruas jalan akan ditutup seperti diuraikan sebelumnya.

 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home