Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Sabar Subekti 12:14 WIB | Jumat, 06 Agustus 2021

Penyelanggara Minta Maaf Perkenalkan Atlet Ukraina sebagai dari Rusia

Florian Fiedina dari Jerman raih medali emas pada renang maraton.
Penyelanggara Minta Maaf Perkenalkan Atlet Ukraina sebagai dari Rusia
Marta Fiedina dan Anastasiya Savchuk dari Ukraina menunjukkan medali mereka saat upacara medali final di Olimpiade Musim Panas 2020, Rabu, (4/8), di Tokyo, Jepang. (Foto: AP/Alessandra Tarantino)
Penyelanggara Minta Maaf Perkenalkan Atlet Ukraina sebagai dari Rusia
Florian Wellbrock, dari Jerman, bertanding dalam nomor renang maraton putra Olimpiade Musim Panas 2020, hari Kamis (5/8), di Tokyo, Jepang. (Foto: AP/Jae C.Hong)

TOKYO, SATUHARAPAN.COM-Penyelenggara Olimpiade Tokyo meminta maaf karena memperkenalkan atlet Ukraina sebagai orang Rusia pada upacara penyerahan medali renang artistik.

Juru bicara Olimpiade Tokyo, Masa Tanaka, mengatakan bahwa kesalahan itu "murni kesalahan operasional" ketika dia mengumumkan permintaan maaf pada konferensi pers harian di Tokyo Games.

Namun kesalahan terasa lebih sensitif karena ketegangan diplomatik antara kedua negara, Ukraina dan Rusia.

Wilayah Ukraina di Krimea dianeksasi oleh Rusia segera setelah Olimpiade Musim Dingin di Sochi, Rusia pada tahun 2014 dan konflik antara pasukan pemerintah Ukraina dan separatis yang didukung Rusia masih berlanjut.

Kompetisi duet renang artistik dimenangkan pada hari Rabu (4/8) malam oleh atlet Komite Olimpiade Rusia, Svetlana Romashina dan Svetlana Kolesnichenko.

Duo Ukraina, Marta Fiedina dan Anastasiya Savchuk, meraih perunggu tetapi diumumkan di podium sebagai mewakili ROC (Komite Olimpiade Rusia).

Emas Perenang Jerman

Florian Wellbrock dari Jerman telah menambahkan medali emas dalam renang maraton ke medali perunggunya di kolam renang, memenangkan perlombaan 10 kilometer putra di Teluk Tokyo.

Wellbrock melaju untuk memimpin lebih awal dan berada di depan sebagian besar jalur pada pagi yang terik di Tokyo. Meski balapan dimulai pukul 06.30 waktu setempat, suhu sudah mencapai 81 derajat (27,2 Celcius) dengan kelembapan 80 persen, membuatnya terasa mendekati 90 derajat.

Kondisi yang menyesakkan itu tampaknya menimpa pebalap Prancis, David Aubry, yang keluar dari balapan dengan kurang dari dua lap tersisa dan dibawa dengan tandu. Belum ada kabar tentang kondisinya.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home