Loading...
DUNIA
Penulis: Prasasta Widiadi 08:49 WIB | Senin, 04 Agustus 2014

Peralatan Tinju Muhammad Ali Laku 4,5 Miliar

Peralatan Tinju Muhammad Ali Laku 4,5 Miliar
Sepasang sarung tinju milik Muhammad Ali yang laku dalam acara lelang. (Foto-foto: bbc.co.uk).
Peralatan Tinju Muhammad Ali Laku 4,5 Miliar
Pertarungan tinju Muhammad Ali (kiri) menghadapi Joe Frazier (kanan) pada 1971.

CLEVELAND, SATUHARAPAN.COM - Sepasang sarung tangan tinju yang dipakai Muhammad Ali sewaktu menghadapi Joe Frazier pada 1971 terjual seharga 4,5 miliar rupiah dalam sebuah acara lelang di Cleveland, Amerika Serikat. Namun BBC mengabarkan pada Jumat (1/8) bahwa pemenang lelang tersebut dirahasiakan identitasnya.

Sarung tinju tersebut sarat nilai sejarah karena pertarungan menghadapi Frazier dijuluki "Fight of The Century", atau pertarungan besar yang menobatkan Joe Frazier sebagai juara tinju kelas berat dunia.   

Nilai tersebut masih kalah jauh jika dibandingkan dengan harga sepasang sarung tinju yang pernah dikenakan Ali saat pertama kali memenangi Kejuaraan Dunia.

Sarung tinju termahal itu dihargai US$836.500 atau Rp 9,8 miliar.

Ali tidak hanya kali itu bertanding menghadapi Frazier, dalam dua laga selanjutnya yang berlangsung pada 1974 dan 1975, Ali berganti mengalahkan Frazier sekaligus menguatkan predikatnya sebagai petinju terbaik sepanjang masa.

Pertarungan Ali versus Frazer pada 1971 menjadi salah satu momentum olahraga yang dikenang baik dalam aspek tinju maupun politik.

Kala itu, semua gelar Ali dicopot karena dia menolak masuk wajib militer semasa Perang Vietnam. (bbc.co.uk).

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home