Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 11:06 WIB | Minggu, 17 Desember 2023

Perayaan Natal di Kota Betlehem dalam Bayangan Duka Perang Hamas-Israel

Perayaan Natal di Kota Betlehem dalam Bayangan Duka Perang Hamas-Israel
Orang-orang berjalan di Manger Square, tidak njauh dari Gereja Nativity yang dipercaya tempat kelahiran Yesus Kristus di kota Betlehem di Tepi Barat, hari Sabtu (16/12). (Foto-foto: AP/Mahmoud Illean)
Perayaan Natal di Kota Betlehem dalam Bayangan Duka Perang Hamas-Israel
Orang mengunjungi Groto, di bawah Gereja Kelahiran, yang diyakini tempat kelahiran Yesus di kota Betlehem di Tepi Barat hari Sabtu (16/12).

BETLEHEM, SATUHARAPAN.COM-Kota Betlehem di Tepi Barat Palestina bersiap menyambut Natal dengan suasana tenang, tanpa lampu meriah dan pohon Natal yang biasa berdiri yang menjulang tinggi di Manger Square. Ini terjadi setelah para pejabat di tempat kelahiran Yesus secara tradisional memutuskan untuk tidak merayakannya karena perang Israel-Hamas.

Pembatalan perayaan Natal, yang biasanya menarik ribuan pengunjung, merupakan pukulan telak bagi perekonomian kota yang bergantung pada pariwisata. Namun pesta pora yang penuh kegembiraan tidak dapat dipertahankan pada saat penderitaan besar warga Palestina di Gaza, kata Walikota, Hana Haniyeh.

“Perekonomian sedang terpuruk,” kata Haniyeh kepada The Associated Press pada hari Jumat (15/12). “Tetapi jika kita membandingkannya dengan apa yang terjadi pada rakyat kami dan Gaza, maka itu bukanlah apa-apa.”

Lebih dari 18.700 warga Palestina telah terbunuh dan lebih dari 50.000 orang terluka selama serangan udara dan darat Israel terhadap penguasa Hamas di Gaza, menurut pejabat kesehatan di sana, sementara sekitar 85% dari 2,3 juta penduduk wilayah tersebut telah mengungsi.

Perang tersebut dipicu oleh serangan mematikan Hamas pada 7 Oktober di Israel selatan yang menewaskan sekitar 1.200 orang, sebagian besar warga sipil, dan menyandera lebih dari 240 orang.

Sejak 7 Oktober, akses ke Bethlehem dan kota-kota Palestina lainnya di Tepi Barat yang diduduki Israel menjadi sulit, dengan antrean panjang pengendara yang menunggu untuk melewati pos pemeriksaan militer. Pembatasan ini juga mencegah banyak warga Palestina keluar dari wilayah tersebut untuk bekerja di Israel.

Para pemimpin kota khawatir tentang dampak penutupan terhadap perekonomian kecil Palestina di Tepi Barat, yang sudah berjuang dengan penurunan drastis dalam sektor pariwisata sejak dimulainya perang. Sektor pariwisata Palestina telah mengalami kerugian sebesar US$2,5 juta per hari, yang berjumlah US$200 juta pada akhir tahun ini, kata Menteri Pariwisata Palestina pada hari Rabu.

Perayaan Natal tahunan di Betlehem, yang dilakukan oleh denominasi Gereja Armenia, Katolik, dan Ortodoks, merupakan keuntungan besar bagi kota tersebut, di mana pariwisata menyumbang 70% dari pendapatan tahunannya. Tapi jalanan sepi musim ini.

Dengan sebagian besar maskapai penerbangan besar membatalkan penerbangan ke Israel, lebih dari 70 hotel di Betlehem terpaksa ditutup, menyebabkan sekitar 6.000 karyawan di sektor pariwisata menganggur, menurut Sami Thaljieh, manajer Hotel Sancta Maria.

“Saya menghabiskan hari-hari saya dengan minum teh dan kopi, menunggu pelanggan yang tak kunjung datang. Saat ini, tidak ada pariwisata,” kata Ahmed Danna, seorang pemilik toko di Bethlehem.

Haniyeh mengatakan meskipun perayaan Natal dibatalkan, upacara keagamaan akan tetap berlangsung, termasuk pertemuan tradisional para pemimpin gereja dan Misa Tengah Malam.

“Betlehem adalah bagian penting dari komunitas Palestina,” kata wali kota. “Jadi pada Misa Tengah Malam tahun ini, kami akan berdoa untuk perdamaian, pesan perdamaian yang didirikan di Betlehem ketika Yesus Kristus lahir.”

George Carlos Canawati, seorang jurnalis, dosen, dan pemimpin pramuka Palestina, menyebut kotanya “sedih dan patah hati.” Dia mengatakan pasukan Pramuka akan melakukan pawai diam-diam melintasi kota, untuk berduka atas mereka yang tewas di Gaza.

“Kami menerima pesan Natal dengan menolak ketidakadilan dan agresi, dan kami akan berdoa agar perdamaian datang ke tanah damai,” kata Canawati.

Antusiasme perayaan Natal di Betlehem telah lama menjadi barometer hubungan Israel-Palestina.

Perayaan berlangsung suram pada tahun 2000 ketika dimulainya intifada kedua, atau pemberontakan, ketika pasukan Israel mengunci sebagian wilayah Tepi Barat sebagai respons terhadap warga Palestina yang melakukan sejumlah bom bunuh diri dan serangan lain yang menewaskan banyak orang warga sipil Israel.

Masa-masa tegang juga terjadi selama pemberontakan Palestina sebelumnya, yang berlangsung dari tahun 1987-1993, ketika perayaan tahunan di Manger Square diawasi oleh penembak jitu tentara Israel di atap rumah.

Suasana tenang tahun ini tidak hanya terjadi di Betlehem. Di seluruh Tanah Suci, perayaan Natal ditunda. Terdapat 182.000 umat Kristen di Israel, 50.000 di Tepi Barat dan Yerusalem, serta 1.300 di Gaza, menurut Departemen Luar Negeri Amerika Serikat. Mayoritas adalah warga Palestina.

Di Yerusalem, lorong-lorong Christian Quarter di Kota Tua yang biasanya ramai kini menjadi sepi sejak perang dimulai. Toko-toko ditutup, dan pemiliknya mengatakan bahwa mereka terlalu takut untuk buka, dan bahkan jika mereka melakukannya, mereka mengatakan bahwa mereka tidak akan mempunyai banyak bisnis.

Para pemimpin gereja-gereja besar di Yerusalem mengumumkan pada bulan November bahwa perayaan hari raya akan dibatalkan. “Kami menyerukan kepada jemaat kami untuk berdiri teguh menghadapi mereka yang menghadapi penderitaan seperti ini pada tahun ini dan tidak mengadakan kegiatan perayaan yang tidak perlu,” tulis mereka.

Di altar gereja Evangelis Lutheran di Betlehem, sebuah adegan kelahiran Yesus yang telah direvisi dipajang. Sesosok bayi Yesus yang dibungkus dengan keffiyeh Palestina bertengger di atas tumpukan puing. Boneka itu terletak di bawah pohon zaitun, bagi orang Palestina, simbol ketabahan.

“Saat dunia merayakannya, anak-anak kita berada di bawah reruntuhan. Saat dunia merayakannya, keluarga kami terpaksa mengungsi dan rumah mereka hancur,” kata Pendeta gereja, Munther Isaac. “Ini adalah Natal bagi kami di Palestina.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home