Loading...
DUNIA
Penulis: Eben E. Siadari 18:43 WIB | Jumat, 13 Januari 2017

Perjalanan Dinas untuk Urusan Pribadi, Menteri Australia Mundur

Menteri Kesehatan Australia, Sussan Ley (Foto: ABC)

CANBERRA, SATUHARAPAN.COM -  Menteri Kesehatan Australia, Sussan Ley, mengundurkan diri setelah diketahui menggunakan perjalanan yang didanai oleh pembayar pajak untuk membeli sebuah apartemen di Queensland Gold Coast.

BBC melaporkan, Perdana Menteri Malcolm Turnbull mengatakan ia telah menerima pengunduran diri Ley, pada hari Jumat.

Turnbull  berjanji membentuk sebuah badan pengawas independen, berdasarkan sistem yang berlaku di Inggris, untuk mengawasi pengeluaran parlemen.

"Australia berhak untuk mengharapkan bahwa politisi membelanjakan uang pembayar pajak dengan hati-hati, memastikan setiap saat bahwa pengeluaran  mereka digunakan dengan efisien, efektif dan etis," kata dia.

"Kita harus hati-hati dan akuntabel terhadap uang pembayar pajak sebisa mungkin."

Dalam pernyataan pengunduran dirinya, Ley mengatakan dia tidak melanggar aturan apapun, "bukan hanya terkait dengan hak tetapi yang paling penting tentang kode etik menteri".

Namun, dia mengatakan kegaduhan yang terjadi telah menjadi gangguan bagi pemerintah.

Sebuah otoritas independen baru akan mengawasi pengeluaran parlemen, menggantikan sebuah departemen pemerintah yang selama ini melaksanakan hal itu.

Ley menghadapi tekanan publik terkait perjalanannya ke Gold Coast beberapa kali, di mana ia membeli properti senilai Aus$ 795,000 pada tahun 2015 dan menghadiri pesta malam Tahun Baru pada 2013 dan 2014. Perjalanannya tersebut adalah perjalanan resmi yang dibiayai oleh pemerintah.

Ia menggambarkan pembelian apartemen itu sebagai "kesalahan keputusan" yang "tidak direncanakan atau diantisipasi".

Ia juga setuju untuk membayar kembali sebagian biaya perjalanan.

Turnbull mengatakan dia yakin pengunduran diri Ley ini adalah "keputusan yang benar" dan mengucapkan terima kasih atas pengabdiannya.

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home