Loading...
INSPIRASI
Penulis: Winarsih Handayani 00:00 WIB | Rabu, 27 November 2013

Permainan Sukacita

foto: www.thestrong.org

SATUHARAPAN.COM -- Anda  tahu permainan sukacita? Permainan ini dipopulerkan Pollyanna seorang gadis cilik berusia  11 tahun dalam novel terkenal Eleanor H. Porter. Permainan ini mudah dimainkan, kita hanya perlu menemukan sesuatu yang bisa membuat kita bersukacita dalam segala kondisi, tak peduli apa pun itu.

Pollyanna tinggal bersama ayahnya karena ibunya meninggal saat Pollyanna balita. Ayahnya memperkenalkan permainan itu. Suatu ketika Pollyanna sangat menginginkan boneka, namun ia mendapatkan sepasang tongkat. Pollyanna sedih dan  ayahnya menghiburnya dengan  menemukan sesuatu yang menyenangkan  dari peristiwa tersebut.

Mulanya sulit. Tetapi, akhirnya Pollyanna dan ayahnya dapat menemukannya. Pollyanna memang tidak membutuhkan tongkat, namun ia dapat memberikan tongkat itu kepada orang yang membutuhkan. Bukankah menyenangkan bila dapat menolong orang lain?  

Sejak itu Pollyanna dapat menemukan kegembiraan dari setiap situasi yang dihadapi. Semakin sulit situasinya, semakin mengasyikkan bagi Pollyanna. Bayangkan! Saat berumur 11 tahun ayah Pollyanna meninggal. Sesungguhnya ia tidak ingin memainkan permainan itu lagi.  Tetapi karena sudah terbiasa, meski sedih Pollyanna segera menemukan hal-hal yang membuatnya bergembira. Pemikiran bahwa Tuhan dan malaikat-malaikat-Nya di surga lebih membutuhkan ayahnya ketimbang dirinya  membuat Pollyanna tidak bersedih lagi. Ternyata  banyak orang yang peduli padanya  dan mau merawat dirinya.  Sehingga ia sungguh bersyukur memiliki keluarga besar yang menyayanginya yaitu anggota Ladies Aids.

Pollyanna  mengajarkan permainan itu kepada setiap orang yang ia temui. "Pasti ada sisi lain yang menyenangkan yang dapat membuatmu bersukacita, apa pun situasinya," kata Pollyanna. Mereka  menularkan sukacita itu kepada setiap orang sehingga seluruh kota akhirnya dapat memainkan permainan sukacita itu.

Anda pun dapat memainkan permainan ini dengan mudah  dan lihatlah dampaknya pada orang-orang di sekitar Anda. Sukacita Anda akan menular dengan cepat kepada orang-orang di sekitar Anda. Bukankah itu menyenangkan? Anda mau mencobanya? Mari kita mulai hari ini juga!

Editor: ymindrasmoro

Email: inspirasi@satuharapan.com


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home