Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 07:17 WIB | Kamis, 15 Agustus 2013

Pertandingan Persahabatan: Italia Takluk 1-2 dari Argentina

Pertandingan Persahabatan: Italia Takluk 1-2 dari Argentina
Kesebelasan Italia (biru) dan Argentina (putih biru) sebelum bertanding (foto-foto: reuters.org)
Pertandingan Persahabatan: Italia Takluk 1-2 dari Argentina
Erik Lamela (Argentina, kaus biru putih) berebut bola dengan Giaccherini (Italia, kaus biru)
Pertandingan Persahabatan: Italia Takluk 1-2 dari Argentina
Gonzalo Higuain (Argentina, kaus biru putih) melampiaskan kegembiraan usai cetak gol pertama bagi Argentina
Pertandingan Persahabatan: Italia Takluk 1-2 dari Argentina
Paus Fransiskus (tengah) berfoto bersama dengan seluruh skuad inti Argentina dan Italia di Santo Basilika, kemarin.

ROMA, SATUHARAPAN.COM - Gol dari Gonzalo Higuain pada menit ke-20 dan Éver Banega pada awal babak kedua telah membuat kesebelasan Argentina pulang dengan kepala tegak, setelah mengalahkan tuan rumah Italia dengan skor 2-1  pada pertandingan persahabatan di Stadion Olimpico, Roma pada Kamis (15/8) dini hari. 

Sementara gol balasan Italia lahir dari Lorenzo Insigne menit ke-75. Walau berupaya keras mengejar ketertinggalan tetapi Italia harus menanggung malu di hadapan pendukungnya.

Pada pertandingan tadi, Argentina memulai dengan lebih tenang, dan lebih banyak penguasaan bola daripada tim tuan rumah Italia, dengan Higuain pada menit ke-6 menciptakan peluang berbahaya. Kiper Gianluigi Buffon langsung dapat mencegah terjadinya gol, dan Giorgio Chiellini  turut mengamankan pertahanan belakang Italia karena bola pantulan yang tidak berhasil dikuasai Buffon, dapat diamankan oleh Chiellini.

Setelah awal yang goyah, Italia secara bertahap mulai menguasai bola karena selama penguasaan bola ada di Argentina, mereka hanya melakukan umpan-umpan panjang ke striker tunggal mereka Pablo Osvaldo. Italia akhirnya mengakui keunggulan Argentina setelah 20 menit, ketika bek tengah Daniele De Rossi gagal menghalau umpan silang Erik Lamela, sehingga bola umpan pemain sayap ini berhasil disambar Gonzalo Higuain bola, yang menyarangkan si kulit bundar di tiang jauh, 1-0 untuk Argentina.

Italia merespon ketertinggalan satu gol tersebut, meskipun mereka masih berjuang untuk menguji penjaga gawang Argentina, Mariano Andújar. Osvaldo bekerja keras di sektor serangan, meskipun kesempatan terbaik Azzurri datang dari upaya tendangan jarak jauh di luar kotak penalti.

Italia tampak lebih nyaman mengendalikan ritme permainan setelah itu, dan lebih banyak mengunci lapangan tengah Argentina. meskipun masih bisa dengan mudah terkena serangan balik. Striker Argentina yang bermain di klub Inter Milan Rodrigo Palacio seharusnya dapat menggandakan keunggulan Albiceleste (julukan Argentina) pada tambahan waktu menjelang akhir babak pertama, meskipun tendangannya meluncur di hadapan gawang.

Cesare Prandelli melakukan tiga pergantian pemain pada babak kedua, namun harapan pendukung Italia yang memadati Stadion Olimpico sirna, karena ketika pemain Argentina Éver Banega, yang bermain di klub Valencia berlari dari dalam untuk menerima bola, dan aksi individunya mengecoh penjaga gawang Buffon sehingga skor 2-0 bagi Argentina.

Penyelamatan Penjaga Gawang

Hal yang mengejutkan dalam pertandingan ini yakni penjaga gawang Gianluigi Buffon, yang selama ini tidak tergantikan di bawah mistar tim nasional digantikan Federico Machetti, guna memberi kesempatan pemain baru ini untuk  bermain di level pertandingan internasional.

Sang kiper pengganti melalukan sejumlah penyelamatan penting sehingga Argentina tidak mampu menambah keunggulan sepanjang sisa pertandingan. Aksinya diawali dengan penyelamatan ganda atas peluang beruntun Palacio dan Higuain.

Alessandro Diamanti hampir memperkecil keadaan bagi Italia dengan tendangan bebas yang terarah, meskipun upaya gelandang Italia yang bermain di klub Bologna ini membentur mistar gawang, padahal durasi pertandingan tersisa kurang dari 20 menit. Alberto Aquilani bergegas bola ke gawang setelahnya, meskipun gol itu benar menorehkan off untuk offside.

Setelah tendangan bebas Alessandro Diamanti menyentuh mistar, Insigne menyarangkan gol balasan untuk tuan rumah. Tendangan melengkung pemain Napoli itu menembus gawang Mariano Andujar pada menit ke-75. Italia kian bersemangat mencari gol penyeimbang.

Namun, tidak ada lagi gol yang tercipta. Malahan Italia harus berterima kasih kepada Marchetti yang lagi-lagi melakukan penyelamatan gemilang dengan mematahkan tendangan keras Maxi Rodriguez di menit-menit akhir. Saat peluit panjang berbunyi, kedudukan 2-1 untuk Argentina.

Italia: Gianluigi Buffon; Christian Maggio, Luca Antonelli, Giorgio Chiellini, Daniele De Rossi; Riccardo Montolivo, Claudio Marchisio, Marco Verratti; Antonio Candreva, Emanuele Giaccherini; Pablo Osvaldo.

Argentina: Mariano Andujar; Ezequiel Garay, Jose Basanta, Hugo Campagnaro, Federico Fernandez; Javier Mascherano, Lucas Biglia, Angel Di Maria; Erik Lamela, Rodrigo Palacio, Gonzalo Higuain. (goal.com/ sport.yahoo.it)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home