Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 09:26 WIB | Kamis, 18 Juni 2015

Piala Amerika: Brasil Tunduk atas Kolombia

Penyerang Brasil Neymar (biru) dikawal pemain belakang Kolombia, Carlos Sanchez. (Foto: goal.com).

SANTIAGO, SATUHARAPAN.COM – Brasil harus bertekuk lutut atas Kolombia dengan skor 0-1 pada laga penyisihan Grup C Copa America (Piala Amerika) 2015, pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Estadio Monumental David Arellano, Santiago, Cile, Kamis (18/6) pagi WIB.

Kolombia mengawali pertandingan dengan baik, mereka tidak gentar dengan negara yang telah lima kali menjadi juara Piala Dunia Sepak Bola tersebut. Serangan Kolombia dimulai menit kesembilan lewat eksekusi tendangan bebas Juan Cuadrado, bola yang dilepaskan pesepak bola yang kini bermain di Chelsea (Inggris) tersebut sempat menciptakan situasi berbahaya di kotak penalti Brasil, namun bola dihalau  salah satu bek Brasil, Joao Miranda Filho.

Penyerang Brasil Neymar Santos Junior memulai kesempatan emas Brasil mencetak gol, saat dia dilanggar bek Kolombia, Cristian Zapata menit ke-21. Pelanggaran atas Neymar membuahkan tendangan bebas dari tengah lapangan, serangan cepat Brasil dimulai sesaat setelah Neymar mengambil eksekusi tendangan bebas, penyerang Brasil asal Barcelona tersebut mengoper bola ke rekannya, Willian Borges yang menggiring bola mendekati kotak penalti lawan, akan tetapi usaha Borges gagal karena bola direbut  gelandang Kolombia, Pablo Armero.  

Serangan Kolombia membuahkan hasil menit ke-36 dengan sebuah gol yang dimulai dari sebuah eksekusi tendangan bebas Juan Cuadrado ke mulut gawang Brasil, bola Cuadrado sempat menciptakan kemelut di muka gawang Brasil, dan akhirnya bola diterima dengan baik oleh penyerang Kolombia, Teofilo Gutierrez. Bola yang diumpan Gutierrez gagal diamankan para pemain belakang Brasil – Thiago Silva, Joao Miranda Filho dan Dani Alves – akibatnya langsung diterima salah satu gelandang Kolombia, Jeison Murillo yang tidak berlama-lama mengendalikan bola dan langsung melesakkan bola dengan akurat ke gawang Brasil yang dikawal Jefferson de Oliveira Galvao.

Neymar nyaris menyamakan kedudukan bagi Brasil, dia menerima bola silang dari sisi kanan yang diumpan rekannya, Dani Alves namun bola tepat ke pelukan penjaga gawang Kolombia, David Ospina.          

Babak kedua, Brasil meningkatkan intensitas sehingga menurut ca2015.com Brasil menguasai bola sebanyak 55 berbanding 45 persen. Salah satu kesempatan menyamakan gol yang diperoleh Brasil terjadi tiga menit setelah babak kedua dimulai. Kesempatan bermula dari duet penyerang Brasil Roberto Firmino dan Neymar yang saling bekerja sama mengumpan bola hingga luar kotak penalti Kolombia, akan tetapi saat bola dari Neymar hendak dikembalikan ke Firmino, bola terlebih dahulu direbut bek Kolombia, Camilo Zuniga.

Saat Brasil asyik menyerang, mereka nyaris lupa bertahan. Brasil bisa saja kebobolan gol kedua menit ke-56, andai bek Brasil, Thiago Silva tidak menyundul bola menjauhi gawang Brasil padahal bola silang dari Camilo Zuniga sudah mengarah ke penyerang Kolombia, Radamel Falcao.

Dua menit kemudian, Roberto Firmino nyaris menjebol gawang Kolombia, kesempatan bagi Tim Samba datang saat kemelut di kotak penalti saat salah satu gelandangnya, Elias Mendes Trindade menyambar bola yang lepas dari salah satu bek Kolombia, bola sempat menyentuh tangan kiper David Ospina, namun penjaga gawang Kolombia ini gagal menangkap bola dengan baik, akibatnya langsung direbut Roberto Firmino, sayang penyerang muda Brasil berusia 19 tahun itu gagal menceploskan bola ke gawang yang sudah kosong melompong.

Sepuluh menit pertandingan tersisa, Brasil kesulitan menembus kotak penalti Kolombia, berkali-kali bola hasil umpan silang dari Joao Miranda Filho dari  sisi kiri, dan Dani Alves dari sisi kanan Brasil selalu dihalau Camilo Zuniga dan kawan-kawan yang disiplin bertahan, bahkan menit ke-87 saat gelandang Brasil Philippe Coutinho menyodorkan bola ke Neymar juga gagal karena bola yang dikuasai penyerang Barcelona tersebut dihalau salah satu bek Kolombia.

Hingga pertandingan selesai Brasil tidak kunjung dapat menyamakan kedudukan akibatnya mereka takluk 0-1 atas Kolombia.

Susunan Pemain:

Brasil: Jefferson de Oliveira Galvao, Joao Miranda Filho, Dani Alves, Filipe Luis, Thiago Silva, Wilian Borges, Fernandinho Luis Rosa, Elias Mendes Trindade, Roberto Firmino, Frederico Rodrigues Santos, Neymar Santos Junior.

Kolombia: David Ospina,  Pablo Armero, Camilo Zuniga,  Jeison Murillo,  Cristian Zapata, Edwin Valencia, Carlos Sánchez,  Juan Cuadrado,  James Rodríguez, Víctor Ibarbo,  Teófilo Gutiérrez.

 (ca2015.com/soccerway.com).

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home