Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 20:46 WIB | Rabu, 28 Mei 2014

Piala Dunia 2014: Cedera, Kubur Impian Van Der Vaart

Piala Dunia 2014: Cedera, Kubur Impian Van Der Vaart
Pelaith Belanda, Louis Van Gaal. (Foto: uefa.com).
Piala Dunia 2014: Cedera, Kubur Impian Van Der Vaart
Rafael Van Der Vaart, gelandang Belanda tatkala masih berseragam Tottenham Hotspur. (Foto: guardian.co.uk).

ALGARVE, SATUHARAPAN.COM – Kesebelasan Belanda yang sedang mempersiapkan menjelang Piala Dunia 2014 melakukan pemusatan latihan di Algarve, Portugal, dan di tempat yang tenang ini pelatih Louis Van Gaal dihinggapi kabar tidak mengenakkan karena pada Selasa (27/5) malam WIB salah satu gelandang andalannya, Rafael Van Der Vaart cedera.

Tim medis Konfederasi Sepak Bola Belanda (KNVB) merilis bahwa cedera Van Der Vaart yakni kelelahan pada otot bagian betis saat pemanasan bersama rekan-rekannya yang sudah resmi skuad yang akan dibawa Van Gaal ke Brasil ke perhelatan sepak bola terbesar dunia itu yang akan segera start kurang dari dua pekan lagi.

“Rafael van der Vaart akan melewatkan Piala Dunia di Brasil. Pemain internasional Belanda itu mengalami cedera pada betis di kaki kanannya,” demikian bunyi penyataan di situs KNVB.

Van Gaal terpaksa mencoret gelandang berkaki kidal yang dua musim terakhir memperkuat Hamburg SV, Jerman tersebut.  

“Oleh karena itu, saya  memutuskan untuk tidak memasukkan namanya di skuat final,” kata Van Gaal. 

Van Gaal sebelumnya sudah kehilangan Kevin Strootman yang cedera sejak Maret 2014, tatkala memperkuat klubnya di  Liga Italia , AS Roma.

Belanda tergabung di Grup B bersama dengan Spanyol, Chile, dan Australia. Robin van Persie dkk. akan menghadapi Spanyol di pertandingan pertama pada Jumat (13/6) dini hari WIB mendatang.

Van Gaal sendiri sebelumnya telah mengumumkan skuad bayangan pada Rabu (14/5) dini hari WIB mengumumkan yang akan berlaga di Grup B Piala Dunia 2014. Dari deretan nama tersebut terdapat wajah-wajah baru yang berkarir di Liga Belanda.

Van Gaal tidak terlalu ambil pusing dengan cedera Strootman, dan Van Der Vaart karena dia cukup yakin talenta “lokal” dan muda seperti Daley Blind yang sehari-hari di Ajax Amsterdam, lalu ada Stefan de Vrij, Daryl Janmaat,  Terence Kongolo, dan Bruno Martins Indi yang bermain di Feyenoord Rotterdam, Karim Rekik yang merumput bersama PSV Eindhoven, lalu Patrick van Aanholt  di Vitesse Arnhem.

Van Gaal membuat keputusan yang mencengangkan banyak pengamat karena tidak memasukkan nama-nama “senior” seperti Marten Stekelenburg (penjaga gawang Fulham), Heitinga, Joris Mathijsen, dan Gregory Van Der Wiel. (fifa.com/skysports.co.uk).

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home