Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Reporter Satuharapan 15:14 WIB | Sabtu, 08 Februari 2014

Piala Dunia 2014: Meksiko Lolos ke Brasil dengan Susah Payah

Piala Dunia 2014: Meksiko Lolos ke Brasil dengan Susah Payah
Skuad Timnas Meksiko yang diperkirakan akan tampil di Piala Dunia 2014 (Foto: fifa.com)
Piala Dunia 2014: Meksiko Lolos ke Brasil dengan Susah Payah
Miguel Herrera, salah satu sosok keberhasilan Meksiko berlaga di Piala Dunia 2014 (Foto: fifa.com)
Piala Dunia 2014: Meksiko Lolos ke Brasil dengan Susah Payah
Rafa Marquez, di usianya yang sudah 34 tahun ia kembali dipercaya untuk mengisi pertahanan sekaligus menjadi kapten bagi Timnas Meksiko di Piala Dunia 2014 nanti (Foto: goal.com)
Piala Dunia 2014: Meksiko Lolos ke Brasil dengan Susah Payah
Carlos Vela, Giovanni dos Santos, dan Javier Hernandez akan mengisi lini serang Meksiko di Piala Dunia 2014 (Foto: fifa.com)
Piala Dunia 2014: Meksiko Lolos ke Brasil dengan Susah Payah
Meksiko tergabung di grup A, bersama dengan Brasil, Kroasia, dan Kamerun (Foto: fifa.com)

SATUHARAPAN.COM – Tim nasional (timnas) Meksiko menjadi negara ke-31 yang meraih tiket ke Piala Dunia 2014 di Brasil. Meksiko lolos dengan susah payah, bahkan harus menentukannya hingga babak playoff. Di babak playoff mereka mengalahkan wakil Oseania, Selandia Baru.

Sungguh perjuangan yang begitu berat bagi Meksiko untuk lolos ke Piala Dunia 2014. Meksiko dikenal sebagai salah satu unggulan Zona Concacaf (Konfederasi Sepakbola Amerika Utara, Tengah, dan Karibia) bersama Amerika Serikat dan Kosta Rika. Namun, di edisi kali ini Meksiko tampil buruk dan tidak seperti biasanya, bahkan mereka harus memecat tiga pelatihnya untuk mewujudkan mimpi ke Brasil 2014.

Di akhir kualifikasi zona Concacaf, Meksiko harus berebut tempat keempat dengan Panama. Demi tujuan tersebut memaksa mereka memanggil para pemain senior untuk kembali bergabung dan membantu misi Meksiko ini. Rafa Marquez menjadi salah satu pemain senior yang kembali dipanggil untuk memperkuat timnas Meksiko.

 

Mengawali Sejak 1930

Meksiko telah mengawali kiprah di piala dunianya sejak pergelaran perdana pada 1930. Namun, baru pada 1970 sukses keluar di babak penyisihan grup. Saat itu Meksiko sukses hingga menyentuh babak perempat final.

Perempat final menjadi prestasi terbaik Meksiko selama keikutsertaannya di piala dunia (1970 dan 1986). Di piala dunia terakhirnya, 2010, Meksiko gugur di babak perdelapan final usai dikandaskan Argentina dengan skor 3-1.

 

Beban Berat Herrera

Menjadi pelatih Meksiko sejak September 2013, Miguel Herrera langsung diberi beban berat, yakni membawa Meksiko lolos ke Piala Dunia 2014. Padahal, saat itu Meksiko sedang berada di posisi keenam klasemen sementara kualifikasi Piala Dunia Zona Concacaf. Zona Concacaf hanya diwakili tiga tim teratas dan peringkat keempat akan mengikuti babak playoff.

Sebelum ditunjuk sebagai pelatih timnas Meksiko, Herrera telah melatih beberapa klub ternama di Liga Meksiko, seperti CF Atlante (2002-2004 dan 2010-2011) dan Club America (2011-2013).

Herrera adalah mantan pemain bertahan Timnas Meksiko pada 1993. Ia telah tampil sebanyak 14 kali bersama Timnas Meksiko. Menurut centaldeportiva.com, Miguel Herrera telah menandatangani kontrak menjadi pelatih Timnas Meksiko hingga Piala Dunia 2018 di Rusia.

 

Menjelang Piala Dunia, Meksiko Membaik

Kondisi Meksiko kini semakin baik, terbukti di partai uji coba terakhir, 29 Januari lalu. Meksiko sukses memukul Korea Selatan dengan skor 4-1. Hal itu menunjukkan Meksiko semakin serius dalam persiapan menghadapi Piala Dunia 2014.

Di Piala Dunia 2014, Meksiko tergabung di dalam grup A, bersama Brasil, Kroasia, dan Kamerun. Tentunya, harapan semua federasi dan pendukung Meksiko adalah agar Meksiko dapat lolos dari babak penyisihan grup ini.

Lima Pertandingan terakhir Meksiko:

Uji Coba         Meksiko vs Korea Selatan        : 4-0

PPD              Selandia Baru vs Meksiko        : 2-4

PPD              Meksiko vs Selandia Baru         : 5-1

PPD              Kosta Rika vs Meksiko             : 2-1

PPD              Meksiko vs Panama                  : 2-1

Perkiraan Skuad Meksiko Piala Dunia 2014:

Penjaga gawang: Jesus Corona (Cruz Azul), Alfredo Talavera (Toluca), Guillermo Ochoa (Ajaccio).

Bek: Francisco Rodriguez (Club America), Diego Reyes (Club America), Hiram Mier (Monterrey), Severo Meza (Monterrey), Jorge Torres Nilo (Tigres UANL), Hector Moreno (Espanyol), Rafa Marquez (Leon).

Gelandang: Midfielders: Gerardo Torrado (Cruz Azul), Pablo Barrera (Cruz Azul), Jesus Molina (America), Jesus Zavala (Monterrey), Hector Herrera (Pachuca), Angel Reyna (Pachuca), Carlos Salcido (Tigres UANL), Andres Guardado (Valencia), Javier Aquino (Villarreal).

Penyerang: Giovani Dos Santos (Real Mallorca), Raul Jimenez ( Club America), Aldo de Nigris (Monterrey), Oribe Peralta (Santos Laguna), Javier Hernandez (Manchester United), Carlos Vela (Real Sociedad). (fifa.com/femexfoot.org.mx)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home