Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Sabar Subekti 13:55 WIB | Senin, 05 Juli 2021

Piala Eropa: Inggris Pernah Dikalahkan Denmark di Wembley

Piala Eropa: Inggris Pernah Dikalahkan Denmark di Wembley
Pemain Inggris, Harry Kane, kanan, merayakan setelah mencetak gol ketiga timnya selama pertandingan perempat final kejuaraan sepak bola Euro 2020 antara Ukraina dan Inggris di stadion Olimpiade di Roma, Italia, hari Minggu (4/7) pagi WIB. (Foto: dok. Alessandro Garofalo/pool Via AP)
Piala Eropa: Inggris Pernah Dikalahkan Denmark di Wembley
Yussuf Poulsen dari Denmark, tengah, dan rekan satu timnya merayakan kemenangan 2-1 mereka di akhir pertandingan perempat final kejuaraan sepak bola Euro 2020 antara Republik Ceko dan Denmark, di stadion Olimpiade di Baku, hari Minggu (4/7). (Foto: dok. Naomi Baker/pool via AP)

LONDON, SATUHARAPAN.COM-Tim terakhir yang mengalahkan Inggris adalah tim berikutnya yang akan mereka hadapi: Denmark.

Denmark akan melakukan perjalanan ke London untuk pertandingan semifinal Kejuaraan Eropa pada hari Rabu mendatang dengan kenangan masih segar dari ingatan mereka atas Inggris di Stadion Wembley Oktober lalu. Itu di Liga Nasional, tetapi taruhannya lebih tinggi sekarang dengan trofi yang lebih bergengsi untuk dipertaruhkan.

Seperti semi finalis lainnya, Italia dan Spanyol akan bertemu pada hari Selasa, Denmark dan Inggris diuntungkan dengan memainkan semua pertandingan grup mereka di kandang dalam format unik tahun ini.

Inggris adalah kekuatan defensif Euro 2020 dengan lima clean sheet. Itu terasa lambat untuk serangan dengan hanya dua gol saat Inggris memenangkan dua pertandingan di babak penyisihan grup dan seri lainnya.

Tapi Inggris tampak lebih hidup di babak sistem gugur dengan Harry Kane akhirnya mencetak gol dalam kemenangan babak 16 besar atas Jerman dan menjaringkan dua gol lagi dalam kemenangan 4-0 atas Ukraina di perempat final.

Denmark tampaknya tidak akan pergi jauh setelah memulai Euro 2020 dengan dua kekalahan menyusul runtuhnya Christian Eriksen di pertandingan pembuka melawan Finlandia. Tapi kemenangan 4-1 dari Rusia mengamankan tempat di babak 16 besar, dan Denmark menempatkan empat lainnya melewati Wales. Itu lebih dekat dalam kemenangan 2-1 atas Republik Ceko di perempat final.

Kasper Dolberg mengantongi tiga gol yang memimpin tim untuk Denmark, seperti halnya Raheem Sterling untuk Inggris.

Denmark lolos ke semifinal Piala Eropa untuk kedua kalinya. Terakhir kali, tim memenangkan turnamen pada tahun 1992. Ini tetap menjadi salah satu kemenangan gelar yang paling tidak mungkin dalam olahraga, karena hanya diberitahu bahwa mereka bermain di turnamen sepekan sebelum dimulai setelah Yugoslavia dikeluarkan saat dalam keadaan perang saudara.

Inggris belum pernah memenangkan trofi sejak Piala Dunia 1966. Semi final dan final saat itu dimainkan di Wembley, seperti di turnamen ini.

Pelatih Gareth Southgate

Gareth Southgate telah menjadi pelatih pertama yang memimpin Inggris ke semifinal berturut-turut sejak Alf Ramsey pada 1966 dan 1968. Timnya kalah dari Kroasia di semifinal Piala Dunia 2018 di turnamen pertamanya sebagai pelatih.

Sebagai pemain, Southgate mengalami sakit hati terakhir kali pertandingan semi final Kejuaraan Eropa dimainkan di Wembley pada tahun 1996,  gagal dalam tendangan penalti yang menentukan dalam adu penalti melawan Jerman.

Pelatih Denmark Kasper Hjulmand tidak pernah bermain untuk negaranya dalam karir di lapangan karena cedera. (dengan AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home