Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Sabar Subekti 10:33 WIB | Senin, 05 Juli 2021

Piala Eropa: Eriksen Jadi Penyemangat Tim Denmark Lawan Inggris

Piala Eropa: Eriksen Jadi Penyemangat Tim Denmark Lawan Inggris
Sebuah jersey raksasa milik pemain Denmark Christian Eriksen ditampilkan sebagai penghormatan sebelum pertandingan perempat final grup kejuaraan sepak bola Euro 2020 antara Republik Ceko dan Denmark di Stadion Olimpiade Baku di Baku, Azerbaijan. (Foto: Dan Mullan/pool via AP)
Piala Eropa: Eriksen Jadi Penyemangat Tim Denmark Lawan Inggris
Suporter Denmark memegang spanduk untuk Christian Eriksen, selama pertandingan perempat final kejuaraan sepak bola Euro 2020 antara Republik Ceko dan Denmark, di stadion Olimpiade di Baku, Azerbaijan, hari Sabtu (3/7). (Foto: Ozan Kose/pool via AP)

BAKU, SATUHARAPAN.COM-Absennya Christian Eriksen membuatnya semakin sulit untuk melupakan apa yang terjadi padanya. Pelatih Denmark, Kasper Hjulmand, pada hari Sabtu (3/7), pikirannya mengembara ketika timnya bermain di perempat final Kejuaraan Eropa.

“Saya memikirkan dia selama pertandingan dan juga setelah pertandingan,” kata Hjulmand melalui penerjemah setelah kemenangan 2-1 atas Republik Ceko. “Saya terus berpikir betapa menakjubkannya jika bisa melihat dia bermain (di pertandingan berikutnya). Dia masih menjadi bagian besar dari tim dan dia adalah bagian besar dari perjalanan kami menuju Wembley.”

Eriksen selamat dari serangan jantung pada pertandingan pembukaan Euro 2020 Denmark tiga pekan lalu, dan curahan emosi yang mengikutinya telah memacu timnya yang bisa melaju sampai ke semi final di Stadion Wembley, London.

Denmark selanjutnya akan bermain melawan Inggris pada hari Rabu di London.

“Dia selalu menjadi bagian yang sangat penting dari tim dan dia masih begitu,” kata gelandang Denmark Thomas Delaney melalui seorang juru bahasa. “Tentu saja kami membawanya di hati kami. Dia seharusnya ada di sini. Itu masih sesuatu yang kami perjuangkan, tetapi membuatnya bangga adalah sesuatu yang membuat saya bahagia.”

Eriksen pingsan terlebih dahulu di lapangan pada paruh pertama pertandingan melawan Finlandia pada 12 Juni. Rekan satu timnya membentuk tembok di sekelilingnya saat petugas medis menyadarkannya dengan defibrillator. Dia menghabiskan sepekan di rumah sakit sebelum pulang untuk pemulihan.

Pertandingan tim berikutnya akan diadakan di stadion yang sangat dikenal Eriksen. Rumah tim nasional Inggris juga berfungsi sebagai rumah sementara Tottenham selama tujuh tahun Eriksen bergabung di klub London itu.

Dan pada bulan Oktober, Eriksen mencetak satu-satunya gol Denmark di Wembley dalam kemenangan 1-0 atas Inggris di Nations League.

“Tim itu bukanlah sesuatu yang kami bangun dalam semalam,” kata Hjulmand. “Dia telah menjadi bagian dari tim untuk waktu yang sangat lama. Saya memikirkannya sepanjang waktu, berharap dia ada di sini dan saya mengirim banyak salam kepadanya dan dia adalah bagian besar dari hasil ini.”

Denmark kalah dari Finlandia pada laga pembuka Euro 2020, dan kemudian kalah lagi melawan Belgia. Denmark masih berhasil maju dengan mengalahkan Rusia di pertandingan terakhir grup mereka, dibantu oleh fakta bahwa Belgia tidak terkalahkan dalam tiga pertandingannya.

Eriksen, yang sekarang bermain untuk Inter Milan, keluar dari rumah sakit sebelum pertandingan melawan Rusia, dan dia mengunjungi rekan satu timnya segera setelah dia keluar.

Sejak itu, dia telah mengirim pesan dukungan di media sosial dan telah melakukan kontak dengan tim secara pribadi. Lebih banyak pesan pasti akan menyusul dalam beberapa hari mendatang. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home