Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 14:42 WIB | Senin, 19 Mei 2014

Piala Thomas: Indonesia Sikat Singapura 5-0

Piala Thomas: Indonesia Sikat Singapura 5-0
Mohammad Ahsan (kiir), dan Hendra Setiawan (kanan) yang menjadi andalan indonesia di Piala Thomas saat menghadapi SIngapura, Senin (19/5). (Foto-foto: Humas PBSI).
Piala Thomas: Indonesia Sikat Singapura 5-0
Dyonisius Hayom Rumbaka yang menjadi andalan indonesia di Piala Thomas saat menghadapi SIngapura, Senin (19/5).
Piala Thomas: Indonesia Sikat Singapura 5-0
Tommy Sugiarto yang menjadi andalan indonesia di Piala Thomas saat menghadapi SIngapura, Senin (19/5).

NEW DELHI, SATUHARAPAN.COM – Indonesia  menang telak atas tim bulu tangkis Singapura pada pada penyisihan Grup A Kejuaraan Bulu Tangkis Piala Thomas 2014 dengan skor 5-0, pada Senin (19/5) siang WIB, di Stadion Siri Fort Complex, New Delhi, India. Keterangan ini diperoleh satuharapan.com melalui keterangan resmi bagian Humas PBSI yang diterima melalui surat elektronik pada Senin (19/5) siang.

Kejuaraan Bulu Tangkis Piala Thomas merupakan bentuk permainan bulu tangkis beregu dengan mempertandingkan tiga nomor tunggal, dan dua ganda putra. Pada 2014 ini, Kejuaraan Piala Thomas da n Uber digelar mulai Minggu (18/5) hingga Minggu (25/5).  Tommy Sugiarto yang tampil di partai pertama membakar semangat Indonesia, setelah berhasil mengatasi perlawanan sengit pebulu tangkis Singapura, Zi Ling Derek Wong. 21-11, 17-21, 21-15.

Sejak set pertama, Tommy langsung 'tancap gas' dan tidak memberikan kesempatan buat Derek untuk mengembangkan permainan, Tommy tidak membutuhkan waktu lama unggul 15-9. Derek pun banyak melakukan kesalahan sendiri. Beberapa smash keras yang menjadi andalannya, gagal melewati net.

Pada set kedua, pertarungan berlangsung sengit. Tommy sempat tertinggal 10-11. Tommy dan Derek terus saling mengejar angka 16 sama,  saat poin kritis, Tommy tak dapat keluar dari tekanan, ia kehilangan game kedua 17-21.

Indonesia menambah keunggulan menjadi  2-0 setelah ganda putra nomor satu dunia, Mohammad Ahsan dan Hendra Setiawan, berhasil mengalahkan lawannya yang berperingkat 61, Danny Bawa Chrisnanta dan Chayut Triyachart, dengan dua set langsung, 21-15, 21-16.

Langkah Indonesia terasa ringan tatkala kekasih Bellaetrix Manuputty, Dyonisius Hayom Rumbaka mengatasi tunggal putra Singapura, Huang Chao dalam dua set 21-17,  dan 21-14.

Partai keempat, Rian Agung Saputra dan Angga Pratama sempat memimpin atas Yong Kai dan Zi Liang hingga kedudukan 14-3,  sebelum mengakhiri pertandingan dengan kemenangan telak 21-9, dan 21-15.

Simon Santoso tidak ketinggalan bersemangat seperti rekan-rekannya setelah bertarung ketat menghadapi Kwan Ting Sean Lee 21-16, 22-20.

Sebelum pertandingan pelatih ganda putra, Herry Iman Pierngadi mengatakan alasan Hendra dan Ahsan menjadi kunci kemenangan tim,  Herry tidak lupa berpesan agar pasangan nomor satu ganda putra dunia itu tidak boleh lengah.

“Menurut saya, Hendra dan Ahsan masih di atas pasangan Singapura, yang penting fokusnya dijaga terus. Danny dan Chayut (ganda putra Singapura – red) mungkin akan bermain nothing to lose, inilah yang mesti diwaspadai, kita yang unggulan tidak boleh terbebani. Biasanya pemain yang bermain lepas akan tampil baik,” kata Herry.  

Herry pun menilai pasangan pebulu tangkis muda Angga Pratama dan Rian Agung Saputra cukup potensial. “Kalau Angga dan Rian sudah terbukti kemampuannya di kejuaraan beregu. Pada Piala Sudirman 2013 saat melawan Tiongkok, Angga dan Rian bisa mengalahkan Cai Yun dan Fu Haifeng yang merupakan juara olimpiade," tutup Herry.

Hasil pertandingan lainnya:

Senin (19/5):

Piala Thomas:

Grup A: Thailand – Nigeria. 5-0

Piala Uber:

Grup W: Tiongkok – Inggris 5-0.

Minggu (18/5):

Piala Thomas: 

Grup B: Denmark – Hong Kong 4-1, Jepang – Inggris 4-1.

Grup C: Malaysia – India 4-1, Korea – Jerman 3-2.

Grup D: Tiongkok – Prancis 5-0, Taiwan – Russia 4-1.

Piala Uber:

Grup X: Korea – Singapura 5-0.

Grup W: China – Russia 5-0,  Taiwan – Inggris 2-3.

Grup Y: India – Kanada 5-0, Thailand – Hong Kong 3-2.

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home