Loading...
INDONESIA
Penulis: Martahan Lumban Gaol 11:41 WIB | Minggu, 17 Agustus 2014

Pimpin HUT ke-69 RI, Menhan: Teladani Warisan Pejuang

Menteri Pertahanan (Menhan) Republik Indonesia, Purnomo Yusgiantoro. (Foto: kemhan.go.id)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Menteri Pertahanan (Menhan) Republik Indonesia, Purnomo Yusgiantoro mengajak seluruh pegawai Kementerian Pertahanan (Kemhan) untuk merenungkan dan meneladani semangat kejuangan serta nilai-nilai kebangsaan yang telah diwariskan oleh para pejuang kemerdekaan.

"Nilai-nilai kejuangan dan semangat patriotisme tersebut menjadi kekuatan bagi rakyat untuk terus meneruskan cita-cita proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia," kata Menhan saat memimpin upacara peringatan HUT ke- 69 Kemerdekaan RI, di Lapangan Upacara Sekretariat Jenderal Kementerian Pertahanan, Jakarta, Minggu (17/8).

Menurut Menhan, perayaan hari kemerdekaan merupakan refleksi terhadap perjalanan sejarah bangsa Indonesia. Terlebih, banyak keberhasilan bangsa yang telah dicapai bangsa Indonesia selama kurun waktu kemerdekaan.

Salah satu keberhasilan itu adalah dalam bidang pertahanan yang ditandai dengan kebangkitan dan penguatan industri pertahanan nasional untuk pemenuhan alutsista TNI.

"Peran industri pertahanan harus didukung agar sesuai dengan rencana pembangunan kekuatan TNI, mulai Mininum Essential Force (MEF) sampai kepada postur pertahanan yang ideal," kata Purnomo.

Pembelian atau pengadaan alutsista TNI, lanjut dia, terus dilakukan sebagai bagian dari modernisasi alutsista TNI, seperti pengadaan ratusan Tank Leopard dari Jerman, kapal selam dari Rusia, pesawat tempur F-16 , Sukhoi, Hercules C-130, Helikopter Apache dari AS, Panser Anoa dari Pindad, Kapal perang dari Inggris, Tank BMP-3 F dari Russia, dan masih banyak lagi yang akan memeriahkan HUT TNI pada 5 Oktober mendatang di Surabaya, Jawa Timur.

Dalam upacara tersebut, tanda penghargaan Dharma Pertahanan disematkan Menhan kepada Wakil Rektor Universitas Pertahananan (Unhan) Indonesia, Prof Hartati, Kepala Pengembangan Pendidikan dan Jaminan Mutu Unhan Indonesia, Prof Dr Susanto Zuhdi, Staf Ahli Bidang Politik Menhan, Prof Dadang Gunawan, Pakar Hukum Kemhan, M Fachrudin, Staf Khusus Menhan Bidang Kerjasama Internasional, Soemadi Brotodiningrat, Staf Khusus Menhan Bidang Sosial Budaya, Agus Broto Susilo, dan Dekan Fakultas Manajemen Pertahanan Unhan Indonesia, Dr Arsegianto.

Penghargaan tersebut diberikan berdasarkan Peraturan Menteri Pertahanan No 20 Tahun 2013. Penghargaan ini diberikan bagi warga negara Indonesia yang melahirkan gagasan atau pemikiran besar dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pertahanan.

Usai memimpin upacara, Menhan RI Purnomo Yusgiantoro langsung menuju Istana Negara untuk mengikuti upacara 17 Agustus bersama Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. (Ant)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home