Loading...
INDONESIA
Penulis: Martahan Lumban Gaol 11:08 WIB | Minggu, 17 Agustus 2014

Presiden SBY Pimpin Renungan HUT RI

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat pembacaan naskah renungan yang hanya diterangi lilin, Minggu (17/8) (Foto: setkab.go.id).

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memimpin langsung Upacara Kehormatan dam Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Nasional Kalibata, Jakarta Timur, tepat pukul 00.00, Minggu (17/8). Acara ini rutin dilaksanakan sebagai bagian dari peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia.

Didampingi Ibu Negara Hj. Ani Bambang Yudhoyono dan Wakil Presiden Boediono beserta Ibu Herawati Boediono, Presiden SBY memimpin upacara yang dimulai tepat pada pergantian hari. Semua pimpinan TNI dari ketiga matra-Angkatan Darat, Laut, dan Udara-serta Kepolisian Republik Indonesia (Polri) juga ikut dalam upacara ini.

Suasana hening dan gelap terlihat di sekitar tempat acara. Wartawan pun tidak diperkenankan menggunakan lampu kilat pada kamera mereka. Hanya lampu kecil yang ada di sekitar tempat upacara yang bersinar.

Apel kehormatan ini diawali dengan pembacaan naskah oleh Presiden SBY selaku inspektur upacara. Dalam naskah tersebut, disebutkan 9.565 pahlawan yang bersemayan di TMP Nasional Kalibata. Jumlah itu terdiri dari TNI dan Polri 8.692 pahlawan, badan perjuangan 791 pahlawan, tokoh nasional 39 pahlawan, dan tidak dikenal 43 pahlawan.

Kepada para pahlawan yang tidak dikenal namanya, yang tersebar di berbagai tempat, pemerintah menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keridhoan dan keikhlasan mereka dalam mengabdi kepada perjuangan demi kebahagiaan nusa dan bangsa.

"Kami bersumpah dan berjanji perjuangan saudara-saudara adalah perjuangan kami pula, dan jalan kebaktian yang saudara tempuh adalah jalan kami juga," ucap Presiden SBY seperti dilansir dari presidenri.go.id, Minggu (17/8).

Kemudian, acara dilanjutkan dengan mengheningkan cipta untuk mengenang arwah para pahlawan, diteruskan dengan penyalaan obor dan pembacaan doa oleh Menteri Agama RI, Luqman Hakim.

Hadir pula sejumlah menteri Kabinet Indonesia Bersatu jilid II, diantaranya Menteri Koordinator Perekonomian RI, Chairul Tanjung, dan Menteri Dalam Negeri RI, Gamawan Fauzi.

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home