Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 09:03 WIB | Rabu, 22 Januari 2014

Pintu Air Manggarai Masih Siaga 2

Peta banjir dari BDPB Jakarta dirilis pada Selasa (21/1)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat pintu air Manggarai masih dalam posisi Siaga 2 dengan ketinggian 910 centimeter sementara pintu air Karet di posisi siaga 1 dengan ketinggian 620 centimeter.

"Berdasarkan laporan sejak pukul 06.00 WIB (22/1) pintu air Manggarai 910 centimeter atau Siaga 2, sedangkan pintu air Karet 620 centimeter yaitu Siaga 1," ujar Kepala Seksi Informatika dan Pengendalian BPBD DKI Bambang Surya Putra di Jakarta, Rabu (22/1).

Menurut dia, sebagian besar sungai yang melintasi wilayah ibu kota masih dalam kategori hijau atau aman seperti Cipinang Hulu, Sunter, Pulogadung, Pesanggrahan, dan Krukut.

Sebagian pintu air lainnya masih terpantau dalam kondisi normal atau Siaga 4, antara lain pintu air Katulampa 70 centimeter, Pulogadung 390 centimeter dan Pesanggrahan 125 centimeter, Krukut Hulu 115 centimeter.

"Kemudian Angke Hulu 295 centimeter, Waduk Pluit 30 centimeter, Pasar Ikan 159 centimeter, Cipinang Hulu 115 centimeter, Sunter Hulu 85 centimeter," ujar dia.

Meskipun demikian Sungai Ciliwung dari hulu ke hilir saat ini dalam posisi Siaga 2. Hal itu terlihat di pintu air Manggarai dengan ketinggian permukaan air 910 centimeter.

"Dengan pintu air Manggarai berada di posisi Siaga 2 itu tidak serta aman juga karena itu kita lihat, dari 910 centimeter prediksi ini tinggi apakah nantinya akan di buang ke Cakung Lama atau tidak," ujar dia.

Karena fakta di lapangan, di beberapa kelurahan yang dilalui aliran Sungai Ciliwung warga menyatakan bahwa ketinggian permukaan air bertambah.

"Contoh banjir di Cawang tepatnya di Kampus Binawan yang dibangun posko darurat disitu, sekarang terendam dengan ketinggian air 10 centimeter, padahal sebelumnya tidak ada genangan air," kata dia.

Begitupun juga banjir di Kebon Baru Tebet saat ini ketinggian permukaan air mengalami kenaikan 1 meter dari yang sebelumnya hanya 2 meter.

"Jadi warga yang tinggal di lokasi sepanjang aliran Sungai Ciliwung harus tetap waspada. Untuk pintu air Depok berada di posisi Siaga 3 dengan ketinggian 210 centimeter," ujar dia.

Ia menambahkan untuk cuaca di lima wilayah Jakarta diperkirakan pada pagi sampai dengan malam turun hujan sedang dan itu merata.

"Cuaca hari ini semuanya hujan sedang merata dari pagi sampai malam. Semuanya rata di Jabodetabek kecuali pulau seribu hujan ringan di malam hari, kalau pagi dan sore hujan sedang," kata dia. (Ant)
 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home