Loading...
INDONESIA
Penulis: Endang Saputra 16:07 WIB | Selasa, 02 Agustus 2016

PKS Berupaya Sandingkan Risma dan Sandiaga Uno

Ketua Bidang Pertahanan Keamanan dan Hubungan Internasional PDI-P Andreas H Pariera (tengah) bersama Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi (kiri) dan Ketua Laboratorium Psikologi Politik Universitas Indonesia (LPP UI) Hamdi Muluk (kanan) memberikan paparan hasil survei dan diskusi yang bertajuk Menakar Kandidat DKI 1 di Jakarta, Senin (1/8). Dalam paparannya, hasil dari survei yang dilakukan menghasilkan Basuki Tjahaja Purnama, Ridwan Kamil dan Tri Rismaharini menjadi tiga kandidat terbaik calon Gubernur DKI Jakarta 2017 dilihat dari dua dimensi yang harus dimiliki oleh pemimpin politik yaitu kapabilitas dan karakter personal. (Foto: Antara)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) berkeinginan menyandingkan Sandiaga Uno dan Tri Rismaharini untuk maju dalam Pilkada DKI Jakarta 2017, Februari mendatang.

Saat ini PKS terus berkomunikasi dengan PDIP agar mengizinkan Risma, yang kini masih menjabat sebagai Wali Kota Surabaya, bertarung dalam Pilkada DKI Jakarta.

“Kita menunggu sinyal dari PDIP untuk Risma,” kata Ketua Bidang Politik Hukum dan Keamanan DPP PKS Al Muzzammil Yusuf melalui keterangan tertulis yang diterima hari Selasa (2/8) di Jakarta.

Muzzammil mengungkapkan, PKS sudah sepakat berkoalisi dengan Gerindra dalam Pilgub DKI Jakarta 2017. Sementara Gerindra sudah menetapkan Sandiago Uno sebagai bakal calon gubernur.

“Meski belum mengeluarkan rekomendasi, PKS sudah sepakat dengan calon yang diusung Gerindra, dalam hal ini Sandiaga Uno,” kata dia.

Tetapi mengenai posisi Sandiaga apakah cagub atau cawagub, baik PKS maupun Gerindra masih fleksible. Sandiaga bisa nomor satu, bisa juga nomor dua, tergantung hasil komunikasi politik dengan sejumlah parpol nanti.

“Kita tengah mencari tokoh terbaik untuk dipasangkan dengan Sandiaga, baik sebagai cagub maupun cawagub,” kata dia.

Namun dari semua nama kandidat yang muncul, PKS berharap pada Risma. Pasalnya reputasi Risma pas untuk bersaing dengan petahana.

“Kami yakin jika ini terwujud akan banyak partai bergabung bersama mendukung Risma dan Sandiaga,” kata dia.

Muzzammil yakin pasangan ini bukan hanya akan didukung banyak parpol, tetapi beragam elemen mulai dari ormas, tokoh masyarakat, pebisnis, akademisi, dan mahasiswa akan bergabung memenangkannya.

“Kita ingin menghadirkan pasangan yang tegas tapi juga santun. Propembangunan tapi juga tidak menyingkirkan rakyat kecil. Antikorupsi dan mampu memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa. Karena Jakarta sebagai ibu kota negara harus menjadi pusat stabilitas nasional, bukan sebaliknya,” kata dia.

Namun jika PDIP dan Risma menolak maju, Muzzammil mengatakan PKS dan Gerindra akan menggelar survei di bulan Agustus ini untuk mencari calon alternatif yang akan dipasangkan dengan Sandiaga.     

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home