Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta 07:42 WIB | Kamis, 29 Agustus 2013

Playoff Liga Champions Eropa: Milan Lolos, Tenggelamkan PSV Eindhoven 3-0

Soullymane Montari (Milan, kaus putih) menghalau bola yang dikuasai Tim Schaars (PSV, kaus biru gelap). (foto-foto: goal.com)

MILAN, SATUHARAPAN.COM – PSV Eindhoven yang satu pekan silam (22/8) sukses menahan juara empat kali Liga Champions Eropa asal Italia, AC Milan, 1-1, dini hari tadi (29/8) harus mengakui kedigdayaan AC Milan dalam putaran II playoff Eropa dengan kekalahan mencolok 0-3.Sesungguhnya hasil imbang 1-1 jadi keuntungan tersendiri bagi Milan karena unggul gol tandang. Hal itu bisa membuat Rossonerri lebih tenang menjamu PSV. Kenyataannya sama sekali tidak. Kedua tim bermain menyerang, hanya kemantangan lebih yang dimiliki  AC Milan, membuat mereka unggul.

Sebagai tuan rumah, AC Milan mengendalikan permainan pada sebagian besar durasi pertandingan babak pertama. Akan tetapi, PSV sebagai tim tamu tak ingin membuat Milan bermain aman. PSV di bawah asuhan pelatih Philip Cocu memaksa AC Milan bermain terbuka.

Serangan silih berganti terus dilakukan kedua tim. Kesempatan pertama datang dari PSV. Lewat sundulan Matavz pada menit ketujuh, Abbiati dengan sukses menghadang bola yang menuju gawangnya.

Pada menit kesembilan, Kevin-Prince Boateng membawa Milan unggul 1-0. Sepakan kerasnya dari jarak 41 meter melesat manis ke gawang PSV. Sang kiper, Andre Zoet dengan lunglai memungut bola dari dalam gawangnya sendiri.

PSV ingin membalas. Kesempatan datang dari tendangan voli pemain bertahan PSV, Ray Wilkins yang nyaris saja menjebol gawang Milan. Bersyukur bagi Milan karena penjaga gawangnya, Cristian Abbiati lagi-lagi jadi pahlawan.

Tempo permainan pada babak kedua sama sekali tidak berkurang di babak kedua. Kedua kesebelasan memainkan serangan silih berganti.  Hasilnya terlihat saat Mario Balotelli memperoleh peluang emas pada menit ke-53, namun tendangan hasil umpan penyerang Milan lainnya, El-Sharaawy, berhasil diblok oleh kaki pemain bertahan PSV, Bruma.

Milan akhirnya mampu menggandakan keunggulan. Tak lain, Balotelli yang jadi aktornya. Bola sepak pojok pada menit ke-54 tersebut, berbuah manis. Ia meneruskan bola hasil sundulan Philip Mexes untuk masuk ke jala PSV, 2-0 bagi AC Milan.

PSV coba memperkecil keadaan, tapi Balotelli kembali menunjukkan kelasnya. Dalam situasi serangan balik, Balotelli memberi umpan jauh ke tandemnya, Sharaawy. Sharaawy mengembalikannya kepada Balotelli, lalu memberi umpan kepada Prince Boateng. Gol yang dicetak Kevin-Prince Boateng tercipta pada menit ke 76. Milan semakin menegaskan keunggulan menjadi 3-0, hingga akhir pertandingan. Hasil itu memastikan juara tujuh kali Liga Champions tersebut untuk ambil bagian di babak fase grup.

Susunan Pemain:

AC Milan: Abbiati; Abate, Zapata, Mexes, De Sciglio; Montolivo, De Jong, Muntari;Boateng, Balotelli, El Shaarawy
PSV:  Zoet; Brenet, Bruma, Rekik, Willems; Wijnaldum, Schaars, Maher; ParkJi-Sung, Matavz, Depay

Hasil pertandingan lain Playoff Liga Champions Eropa 2013-2014: Celtic 3-0 Shakhter Karagandy, Maribor 0-1 Viktoria Plzen. (uefa.com/ goal.com)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home