Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 08:01 WIB | Rabu, 28 Agustus 2013

Playoff Liga Champions: FC Basel Taklukkan Ludogorets 2-0

Espinho (kaus hijau, Ludogorets) dibawah kawalan Frei, Marcelo Delgado, dan Raphael Stocker (kaus putih, Basel) (foto: ludogorets.com)

BASEL, SATUHARAPAN.COM – FC Basel asal Swiss berhasil masuk kembali ke kompetisi tertinggi sepakbola antar klub Eropa, Liga Champions Eropa setelah tiga tahun tidak merasakan atmosfer kompetisi ini.

Basel masuk ke putaran grup setelah mereka mengandaskan perlawanan tamunya, Ludogorets Razgrad asal Bulgaria dengan skor 2-0, pada pertandingan putaran II, playoff Liga Champions Eropa yang berlangsung Rabu (28/8) dini hari di Stadion St.Jacob, Basel, Swiss.

Setelah sepekan sebelumnya menang 4-2 di kandang Ludogorets, kapten kesebelasan FC Basel, Fabian Frei  memimpin rekan-rekannya dalam kemenangan lewat gol pada menit ke-11. Sundulan Fabian memanfaatkan tendangan pojok Philip Degen sebenarnya mampu dijangkau penjaga gawang Ludogorets, Valentinov Stoyanov. Namun reflek penjaga gawang terlalu lamban sehingga Ludogorets tertinggal 0-1.

Pada babak pertama Marcelo Diaz nyaris membuat FC Basel unggul 2-0, akan tetapi sundulannya memanfaatkan umpan setengah dada Raphael Stocker hanya menghasilkan tendangan penjuru, karena diblok pemain belakang Ludogorets, Victor Minev.

Ludogorets hampir saja menyamakan kedudukan menjelang babak pertama berakhir saat tendangan bebas yang dieksekusi sayap kanan Ludogorets, Ivan Stoyanov membentur mistar. Tendangan bebas terjadi karena Ivan Stoyanov dijatuhkan pemain gelandang jangkar Basel, Giovanni Sio.

Ludogorets, yang musim lalu menjuarai Liga Bulgaria 2012-2013 pada pertandingan tersebut membutuhkan setidaknya empat gol untuk lolos ke babak grup, pada babak kedua nyaris menyamakan kedudukan apabila tendangan voli Roman Bezjak tidak melebar dari gawang.

Akhirnya tendangan bebas yang dieksekusi pemain bertahan Basel, Philip Degen pada menit ke-79 memberikan keunggulan mutlak bagi Basel, karena tendangan bebas yang dieksekusinya berbuah gol. Kedudukan bertahan hingga akhir pertandingan, dan FC Basel menang 2-0 pada pertandingan tersebut sekaligus unggul agregat 6-4 atas Ludogorets.

Susunan pemain:

Basel: Sommer; Voser, Schar, Sauro, Ajeti, Safari, P. Degen, Xhaka, Frei; Salah, Delgado, Diaz, Stocker; Sio.

Ludogorets Razgrad: V. Stojanov; Choco, Mäntylä, Moti, Minev; Zlatinski, Espinho, Djakov; I. Stojanov, Vitinha, Marcelinho, Misidjan, Aleksandrov, Bezjak. (uefa.com)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home