Loading...
DUNIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 11:12 WIB | Jumat, 14 Agustus 2015

PM Israel Umumkan Kesepakatan Gas Alam di Laut Mediterania

Yuval Steinitz, Menteri Nasional Infrastruktur, Energy dan Sumber Daya Air Israel, menggelar konferensi pers di kantor Perdana Menteri, Yerusalem pada 13 Agustus 2015 terkait pengumuman perjanjian penting antara pemerintah Israel dan konsorsium yang meliputi perusahan Amerika Serikat yakni Noble Energy mengenai produksi gas alam di Laut Mediterania. (Foto: AFP)

YERUSALEM, SATUHARAPAN.COM – Perdana Menteri Benyamin Netanyahu mengumumkan pada hari Kamis (13/8) bahwa pemerintah telah mencapai kesepakatan dengan pengembang dari ladang gas alam terbesar di negara itu, Leviathan.

Menurut perjanjian tersebut, ke depannya harga penjualan akan meroket untuk perusahaan domestik dan konsorsium telah berkomitmen untuk menyelesaikan pengembangan lapangan gas pada tahun 2020. Perjanjian ini akan dibawa ke rapat kabinet untuk pemungutan suara pada Minggu (16/8).

“Kesepakatan itu akan menghasilkan keuntungan miliaran shekel bagi warga Israel dalam beberapa tahun mendatang,” ujar Netanyahu dalam sebuah pernyataan yang disiarkan di televisi, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Perjanjian tersebut mengekor pada hampir satu tahun perselisihan antara badan pengatur dan konsorsium energi antara Texas berbasis Noble Energy, di mana Menteri Luar Negeri AS John Kerry juga memiliki saham, dan Israel Delek Ltd.

Masalah dimulai ketika Antitrust Authority Direktur Jenderal Prof. David Gilo memutuskan pada Desember lalu bahwa sektor gas harus direstrukturisasi. Otoritas menuduh Noble Energy - kelompok Delek Ltd membentuk monopoli ilegal, mengibarkan bendera merah untuk orang lain yang meminta negara agar menasionalisasi cadangan gas.

Hasilnya adalah banyak pembicaraan yang menyebutkan bahwa perjanjian ini masih dalam proses dengan negara-negara lain yang sempat terhenti - dan kemudian berhenti sama sekali – sedangkan perusahaan lain kehilangan kesabaran dengan geraman birokrasi Israel.

Penawaran yang tertunda dengan perusahaan di Mesir, Spanyol dan negara-negara lain sekarang dipertanyakan, menempatkan kemungkinan sebaliknya untuk menjadi pasar baru yang sehat untuk gas alam Israel mungkin akan ditahan tanpa batas waktu.

Kelompok energi menunjukkan kepada pemerintah pada saat itu, kecuali perusahaan yang awalnya menemukan ladang gas dapat memulihkan investasi mereka dan juga membuat keuntungan yang lebih besar dari upaya mereka, tidak akan ada alasan bagi mereka untuk terus mengebor atau menggali lebih jauh. (jewishpress.com)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home