Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 05:46 WIB | Sabtu, 09 Juli 2022

PM Israel, Yair Lapid, Bicara degan Mahmoud Abbas tentang Keamanan

Presiden Palestina, Mahmoud Abbas. (Foto: dok. AP)

RAMALLAH, SATUHARAPAN.COM-Presiden Palestina, Mahmoud Abbas, pada hari Jumat (8/7) menerima telepon dari Perdana Menteri Sementara Israel, Yair Lapid, percakapan pertama antara Abbas dan seorang perdana menteri Israel dalam beberapa tahun.

Seruan itu datang di tengah kesibukan langka kontak tingkat tinggi Israel-Palestina menjelang kunjungan Presiden Amerika Serikat, Joe Biden ke Israel, dan Tepi Barat yang diduduki pekan depan. Pembicaraan difokuskan pada meredakan ketegangan dan mengoordinasikan keamanan menjelang kunjungan.

Sebuah pernyataan dari kantor Lapid mengatakan dia berbicara dengan Abbas tentang "kelanjutan kerja sama dan kebutuhan untuk memastikan ketenangan dan ketenangan." Hussein al-Sheikh, ajudan senior Abbas, mengatakan Lapid mengucapkan selamat kepada Abbas pada Idul Adha, hari libur Muslim yang dimulai hari Sabtu, dan "membahas situasi terbaru secara singkat," tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Abbas menerima Menteri Pertahanan Israel, Benny Gantz, di markas besarnya di kota Ramallah di Tepi Barat yang diduduki pada hari Kamis dan juga berbicara dengan Presiden Israel, Isaac Herzog, melalui telepon.

Proses perdamaian runtuh lebih dari satu dekade lalu. Pertemuan tingkat tinggi antara para pemimpin Israel dan Palestina jarang terjadi dan cenderung berfokus pada koordinasi ekonomi dan keamanan sehari-hari.

Gantz bertemu dengan Abbas beberapa kali tahun lalu dan mengumumkan langkah-langkah untuk memperbaiki kondisi ekonomi di Tepi Barat yang diduduki.

Lapid dan Gantz, keduanya sentris, melayani dalam kapasitas sementara menjelang pemilihan yang direncanakan pada 1 November, di mana partai-partai agama dan nasionalis yang mengambil garis keras terhadap Palestina diperkirakan akan mempertahankan mayoritas mereka di Knesset, parlemen Israel.

Abbas mengepalai Otoritas Palestina, yang mengelola sebagian Tepi Barat di bawah perjanjian perdamaian sementara yang dicapai pada 1990-an. Dia sangat tidak populer di kalangan orang Palestina, sebagian besar karena koordinasi keamanannya yang erat dengan Israel.

Biden diperkirakan akan bertemu dengan para pemimpin tinggi Israel dan Palestina pekan depan.

Palestina berusaha membentuk negara di Tepi Barat yang diduduki, Yerusalem timur dan Jalur Gaza, wilayah yang direbut Israel dalam perang 1967.

Israel mencaplok Yerusalem timur dalam sebuah langkah yang tidak diakui secara internasional dan memandang seluruh kota sebagai ibu kotanya. Ia menarik tentara dan pemukim dari Gaza pada tahun 2005 tetapi memberlakukan blokade yang melumpuhkan ketika kelompok militan Islam Hamas merebut kekuasaan dari pasukan Abbas dua tahun kemudian, membatasi kekuasaannya di beberapa bagian Tepi Barat.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home