Loading...
RELIGI
Penulis: Francisca Christy Rosana 08:54 WIB | Senin, 08 Desember 2014

WCC: Laki-laki dan Perempuan Dicipta Sama dalam Citra Allah

Peserta dalam pertemuan kelompok penasihat gender di Siprus. (Foto: WCC/Tara Tautari)

SIPRUS, SATUHARAPAN.COM – Sebuah kelompok penasihat gender yang mewakili anggota Dewan Gereja Dunia (World Council of Churches/WCC) telah mulai bekerja mengkampanyekan keadilan gender di lembaga-lembaga, komunitas, dan masyarakat sebagai rangkaian dari ziarah keadilan gender.

Dilansir dari oikoumene.org pada Jumat (5/12), ziarah keadilan gender ini dipromosikan oleh Sidang Raya WCC di Busan pada 2013 lalu. Misi ini sesuai dengan premis Alkitab bahwa laki-laki dan perempuan diciptakan sama dalam citra Allah.

Kelompok ini terdiri atas teolog dan masyarakat sipil dari berbagai latar belakang.

"Keadilan gender masih menjadi inti teks-teks Alkitab yang mengatakan bahwa kita diciptakan sama sebagai laki-laki dan perempuan dalam gambar Allah. Ini adalah dasar dari bagaimana kita harus ada untuk gereja-gereja dan masyarakat, bekerja sama untuk mencapai keadilan gender," kata Dr Ulysses Burley, anggota kelompok penasihat gender dari Gereja Lutheran Injili di Amerika.

"Sebagai sebuah kelompok, kami ingin mencapai kebijakan keadilan gender yang efektif untuk WCC yang juga akan menginspirasi anggota-anggotanya demi mencapai keadilan gender. Kita tidak hanya ingin merancang kebijakan, tapi juga ingin datang dengan berbagai cara untuk menerapkan dan memberlakukan kebijakan itu juga," ia menambahkan.

Sementara itu menurut Pdt Dr Gunilla Hallonsten, anggota dari kelompok penasihat gender dari Gereja Swedia, keadilan gender merupakan bagian integral dalam ziarah menuju keadilan dan perdamaian.

Dr Eleni Kasselouri-Hatzivassiliadi, anggota teolog Ortodoks Yunani dari kelompok penasihat gender, mengatakan kampanye ini menegaskan bagaimana perempuan dan laki-laki harus bekerja sama untuk mencapai keadilan gender sebagai murid Kristus.

Dia mengatakan kampanye itu sebagai refleksi terhadap beragam isu ketidakadilan dan ketidaksetaraan terkait hubungan gender dalam masyarakat. (oikoumene.org)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home